3 Penanda Seseorang Alami Burnout
Siker.id | 13 Apr 2022 14:30


Bagikan ke
Tanda seseorang alami burnout (siker)

siker.id - Istilah burnout dewasa ini kerap digunakan oleh kaum milenial dan Gen-Z dalam menggambarkan kondisi yang tengah mereka alami. Menurut WHO, istilah burnout sendiri adalah stres yang berkaitan dengan pekerjaan. Sayangnya, tanda-tanda ketika mengalami burnout di tempat kerja sering kali tidak disadari oleh penderitanya.

Ada banyak alasan mengapa seseorang bisa mengalami stres. Misalnya seperti adanya hasil dari pekerjaan yang dinilai kurang memuaskan atau tanggung jawab tertentu yang memberatkan. Oleh karena itu kamu perlu tahu tanda-tanda seseorang alami gejala burnout.

Baca juga: 3 Tips Memulihkan Diri dari Burnout

Mengalami insomnia dan kualitas tidur yang buruk

Kamu sering merasa gelisah dan insomnia? Mungkin ini tanda kamu alami burnout secara tidak kamu sadari. Orang akan cenderung memiliki kualitas tidur yang rendah saat lelah dengan banyak pikiran. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Anthony Wheeler, PhD, profesor manajemen dan dekan sekolah administrasi bisnis di Universitas Widener di Chester, Pennsylvania, kegelisahan dan insomnia saling berkaitan. Kurang tidur juga menambah kelelahan sehingga sulit untuk berpikir jernih.

Pertambahan berat badan yang kurang terkontrol

Orang yang stres dan kelelahan umumnya akan memiliki kebiasaan makan yang kurang teratur. Nah, ini menyebabkan pertambahan berat badan yang tak diduga. Belum lagi jika dikombinasikan dengan kurang tidur, depresi, dan pikiran negatif, hal ini akan mereduksi kinerjamu tubuhmu. Padahal, pertambahan berat badan yang kurang terkontrol bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari jantung, radang sendi, stroke, sampai kanker. Jangan sampai, deh, hal ini terjadi padamu!

Baca juga: 3 Tips Mengatasi Lelah Akibat Kecanduan Kerja

Kinerja yang merosot dan banyak pekerjaan tak selesai

Setiap harinya kamu merasa malas untuk bangun, bersiap, dan kehilangan motivasi bekerja. Bahkan, saat sampai kantor, kamu membutuhkan waktu lama untuk bisa memulai buka laptop dan memulai pekerjaan. Karena kendala ini otomatis pekerjaanmu pun jadi terbengkalai, bukan? Semua tugas jadi menumpuk dan tak sedikit yang membutuhkan revisi. Kinerjamu merosot dan beberapa kali dapat teguran dari atasan.

Sekian artikel tentang tanda seorang alami burnout. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Cara Mengatasi Rasa Lelah Menatap Layar Komputer


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar