Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Cara Memulihkan Diri Dari Burnout Pekerjaan
Siker.id | 14 Jun 2022 14:30


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id Burnout merupakan kondisi stres kronis dimana seorang pekerja merasa lelah secara fisik, mental, dan emosional yang disebabkan oleh pekerjaannya. Seorang pekerja yang mengalami burnout sering merasa kesulitan dalam hidup yang semakin kompleks. Meski begitu, pemulihan burnout mungkin tidak memakan waktu lama apabila kamu melakukan dengan benar.

Nah, kamu mempelajari cara memulihkan diri dari burnout ini karena sangat penting bagi karirmu dan juga agar terus produktif. Simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Cara Elegan Buat Atasan Percaya Padamu

1. Fokus pada proyek dirimu

Jika kamu mengerjakan pekerjaan jam 9-5, pastikan kamu mendedikasikan beberapa jam di pagi atau sore hari untuk proyek pribadi, seperti membuat blog, mendekor rumahmu dan masak makanan kesukaanmu. 

Dengan begitu, kamu dapat mengekspresikan nilai-nilaimu sambil berjuang untuk mencapai tujuan profesional di tempat kerja. Hal ini akan membantumu merasakan kendali atas caramu menghabiskan waktu. Tetapkan batasan antara kehidupan pribadi dan profesionalmu untuk meningkatkan ini.

2. Praktik meditasi mindfullness

Meditasi merupakan strategi yang telah teruji waktu untuk mengatasi kelelahan. Meditasi yang konsisten berhubungan dengan perkembangan sel dan jaringan dalam otakmu. Hal ini dapat meningkatkan daya ingat, pengendalian diri, pengambilan keputusan, dan banyak lagi.

Kamu dapat mengatur ulang pikiran dan otakmu untuk lebih fokus dan produktif dengan berlatih meditasi setiap hari. Mulai dari yang kecil. Beristirahatlah selama 10 menit selama bekerja atau di pagi hari untuk melatih kesadaranmu.

Baca juga : 3 Cara Pengusaha agar Karyawannya Tidak Resign

3. Detoksifikasi semua yang dialami melalui latihan

Kecemasan adalah salah satu gejala utama yang akan kamu alami ketika kamu mengalami burnout karena pekerjaan, dan olahraga adalah cara yang bagus untuk meredakan kecemasan itu dengan cepat.

Masukkan olahraga teratur ke dalam rutinitasmu dengan berenang sebelum bekerja, berjalan-jalan di sore hari, atau menghabiskan waktu di gym di malam hari. Intinya, usahakan agar tubuhmu bergerak.

 Itulah dia beberapa cara untuk memulihkan diri dari burnout pekerjaan, semoga bisa kamu praktekkan dan juga diterapkan jika sedang mengalami burnout.

Sekian artikel ini, semoga membantu ya! Terima kasih.

Baca juga : 3 Cara Basmi Hal Toxic Dalam Diri


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar