Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Menghadapi Wawancara Kerja Agar Tidak Grogi
Siker.id | 27 Apr 2023 16:00


Bagikan ke
ilustrasi interview (siker / doc.freepik)

siker.id - Interview atau wawancara kerja merupakan tahap akhir dalam rekrutmen. Namun, tahap ini dapat menjadi pengalaman yang menegangkan dan membuat kita merasa grogi. Tentunya tahapan ini harus dihadapi dengan baik karena tahapan ini adalah kunci untuk meraih pekerjaan yang diinginkan.

Baca juga: 7 Tips Jitu Percaya Diri Ketika Interview Kerja

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu menghadapi wawancara kerja agar tidak grogi:

1. Persiapkan Diri dengan Baik
Menjadi persiapan yang baik akan membantu mengurangi tingkat ketidakpastian dan meningkatkan kepercayaan diri. Lakukan riset tentang perusahaan dan posisi yang akan kamu lamar. Pelajari tentang industri, nilai-nilai perusahaan, dan apa yang menjadi tuntutan pekerjaan tersebut. Selain itu, persiapkan diri dengan membawa dokumen penting, seperti CV dan portfolio jika diperlukan.

2. Latihan Sebelumnya
Latihan menjawab pertanyaan wawancara kerja dengan teman atau keluarga dapat membantu mengurangi rasa grogi. Cobalah untuk meminta saran dan umpan balik dari orang yang kamu percayai. Selain itu, buat daftar pertanyaan umum yang mungkin akan ditanyakan oleh perekrut dan jawaban yang cocok untuk kamu.

3. Berpakaian dengan Tepat
Berpakaian sesuai dengan acara penting ini dapat membantu menambah kepercayaan diri kamu. Pastikan pakaian yang kamu kenakan bersih dan rapi, serta sesuai dengan dresscode yang diberikan. Kenakan pakaian yang membuat kamu merasa nyaman dan percaya diri.

Baca juga: Berikut Tips Memilih Pakaian Saat Kerja

4. Tiba di Tempat Wawancara dengan Cukup Waktu
Pastikan kamu tiba di tempat wawancara dengan cukup waktu. Tiba terlalu awal dapat memicu rasa gelisah yang tidak perlu, sedangkan terlambat dapat menambah tekanan dan stres. Jangan lupa untuk memperhatikan transportasi dan kondisi lalu lintas yang ada.

5. Atur Pernafasan
Jika kamu mulai merasa grogi atau gugup, cobalah untuk mengambil napas dalam-dalam dan beristirahat sejenak. Bernapas dalam-dalam dapat membantu menenangkan diri dan mengurangi ketegangan. Lakukan teknik relaksasi atau meditasi sederhana untuk membantu menenangkan diri.

6. Fokus pada Pertanyaan
Saat menjawab pertanyaan, fokus pada pertanyaan itu sendiri. Dengarkan pertanyaan dengan seksama dan berikan jawaban yang tepat. Jangan khawatir tentang jawaban kamu yang benar atau salah, karena selama kamu jujur dan memiliki alasan yang kuat, jawaban kamu akan baik-baik saja.

Baca juga: Kuasai Metode STAR untuk Wawancara Kerja

7. Jangan Takut Bertanya
Jangan ragu untuk bertanya jika kamu merasa perlu. Jika kamu tidak memahami pertanyaan atau butuh informasi lebih lanjut tentang perusahaan atau posisi yang kamu lamar, bertanya adalah tindakan yang baik. Hal ini juga menunjukkan bahwa kamu tertarik dan peduli dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Dengan menerapkan beberapa tips ini, kamu dapat menghadapi wawancara kerja dengan lebih percaya diri dan mengurangi rasa grogi. Ingatlah bahwa wawancara kerja adalah kesempatan untuk menunjukkan kemampuan kamu. 

Demikian tips yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

Komentar