Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Rekomendasi Kegiatan Saat Rehat Setelah Lulus Kuliah
Siker.id | 07 Mar 2023 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi Istirahat (kontenPedia/dok. Canva)

siker.id - Setelah lulus kuliah, langkah selanjutnya yang diambil masing-masing individu berbeda. Ada yang memilih langsung bekerja ada juga yang memilih untuk beristirahat sejenak. Kalian yang memilih beristirahat sejenak setelah lulus kuliah mungkin akan merasa sedikit tidak tenang karena adanya tekanan dari lingkungan yang mempertanyakan seputar pekerjaan. Jika berada dalam situasi ini, tunjukan bahwa kalian nggak hanya bersantai namun juga mengisi dengan kegiatan yang produktif. Berikut 5 cara yang bisa dilakukan selagi rehat setelah lulus kuliah:

Baca juga: 3 Cara Tetap Bahagia Dengan Merasa Cukup

1. Melakukan hobi yang tertunda

Setelah lulus kuliah, kalian bisa merealisasikan hobi yang dulu sempat tertunda atau nggak ada waktu dan kesempatan untuk ngejalanin hobi tersebut. Ini merupakan waktu yang tepat, siapa tahu kalian memang memiliki passion dan berpeluang menjadikannya sebagai bisnis.

2. Ikut volunteer atau pelatihan

Setelah lulus kuliah, saatnya menantang diri untuk mencoba banyak hal baru dengan menabung pengalaman melalui volunteer atau pelatihan.

3. Introspeksi diri

Setiap orang membutuhkan evaluasi terhadap dirinya sendiri. Setelah lulus kuliah, saatnya kalian untuk kembali mengingat hal-hal apa saja yang sekiranya butuh untuk dikembangkan dan diubah demi masa depan yang lebih baik lagi.

Baca juga: 7 Tips Tubuh Tetap Segar Meskipun Begadang

4. Merancang karir masa depan

Selama mengambil waktu istirahat setelah lulus kuliah, kalian bisa memanfaatkannya dengan merancang karir masa depan. Cari tau dan riset sebanyak mungkin profesi atau bidang yang ingin ditekuni. Apakah ingin bekerja sesuai passion atau sesuai dengan jurusan kuliah.

5. Liburan

Selama beristirahat sejak lulus kuliah dan kalau ada budget/tabungan kalian bisa gunakan untuk berlibur. Cobalah untuk mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Anggaplah kesempatan ini sebagai hadiah bagi diri kalian sendiri sambil menghilangkan stress.

Mengabil keputusan untuk rehat sejenak setelah lulus kuliah bukanlah hal yang salah. Namun selama periode beristirahat, kamu juga harus melakukan hal produktif untuk mempersiapkan modal menghadapi dunia kerja nantinya. Buatlah list hal yang ingin dikerjakan dan lakukan selagi masih ada kesempatan dan jangan lupa untuk selalu menggunakan waktu sebaik dan sebijak mungkin. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: 4 Pentingnya Kemampuan Inovasi dan Cara Memilikinya


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar