Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Pentingnya Kemampuan Inovasi dan Cara Memilikinya
Siker.id | 07 Mar 2023 13:00


Bagikan ke
Ilustrasi Inovasi (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Inovasi merupakan kemampuan individu untuk memproses dan menghasilkan suatu cara, produk, sistem atau layanan yang dapat menambah nilai, memperbarui, menjawab permasalahan atau memperbaiki hal yang sudah ada sebelumnya. Kemapuan menciptakan inovasi disebut juga dengan inovatif. Dengan memiliki skill inovatif, kamu akan menjadi lebih adaptif dalam berpikir dan memiliki nilai tambah yang dapat berguna bagi karir. Terdapat 4 alasan kenapa kamu butuh skill inovatif dalam berkarir:

Baca juga: Cara Agar Terhindar Dari Gangguan/Distraksi Saat Bekerja

1. Bisa menemukan cara baru yang membuat pekerjaan lebih cepat selesai dengan hasil yang maksimal.

2. Lebih mudah dalam menghadapi perubahan karena mampu beradaptasi dengan baik

3. Dapat meningkatkan kualitas kerja tim dengan inovasi yang dihasilkan

4. Mendapat nilai tambah jika ide inovasi bisa menghasilkan perubahan yang positif atau kemajuan bagi perusahaan.

Adapun ciri dari sebuah inovasi yaitu baru dan belum ada sebelumnya atau bersifat menyempurnakan yang telah ada. Inovasi juga merupakan ide terencana sesuai dengan kondisi yang diinginkan. Karena dilakukan dengan sengaja, maka inovasi dilakukan dengan proses dan persiapan yang matang, jelas, dan telah direncanakan dengan sungguh-sungguh, sehingga prosesnya tidaklah tergesa-gesa. Inovasi juga merupakan sesuatu yang khas dan memiliki keunikan tersendiri meskipun dari hasil adaptasi/adopsi. Selain itu, inovasi juga harus memiliki tujuan dan objek yang jelas, tanpa adanya objek yang jelas, maka inovasi bisa jadi tidak terlaksana dengan baik atau bahkan bisa jadi gagal untuk diterapkan. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk memiliki skill inovatif yaitu:

Baca juga: Tidak Selalu Negatif, Ini Manfaat Jika Kamu Ambisius!

1. Keluar dari zona nyaman

Bisa dimulai dengan mengubah rutinitas harian dan mencoba hal baru agar dapat merasakan pengalaman yang baru juga yang dapat mendorong kita melakukan inovasi.

2. Mencari inspirasi

Insiprari bisa ditemukan dimana saja seperti lingkungan sekitar. Jalin komunikasi dan terhubung dengan banyak orang. Jangan malu untuk bertanya dan saling bertukar pemikiran. Dengan begitu kamu akan mendapat insight dan wawasan baru yang dapat mendorong skill inovatifmu.

3. Membuka diri

Kembangkan rasa keingintahuan yang dapat mendorongmu mencari dan menemukan ide-ide baru yang bermanfaat. Dengan membuka diri kamu akan menemukan berbagai ide dan perspektif baru.

Itu dia manfaat inovasi dan cara menumbuhkan skill inovatif. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 4 Hal Yang Harus di Pertimbangkan Sebelum Resign


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar