Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Skill Penting yang Perlu Dimiliki Seorang Auditor!
Siker.id | 07 Nov 2022 16:15


Bagikan ke
Skill penting yang perlu dimiliki seorang auditor (siker)

siker.id – Berbicara mengenai bidang keuangan, pastinya tidak asing dengan pekerjaan seorang auditor, bukan?

Ya, auditor adalah orang yang bertugas melakukan audit khususnya pada laporan-laporan terkait keuangan dari suatu perusahaan, lembaga ataupun instansi.

Auditor juga mempunyai kewenangan melakukan peninjauan serta verifikasi keakuratan segala laporan keuangan.

Selain itu, seorang auditor juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan perusahaan tersebut tidak melanggar undang-undang perpajakan.

Auditor sendiri memiliki beberapa jenis yakni, auditor independen, auditor internal, auditor pemerintah, auditor pajak, dan auditor forensik.

Nah, bila kamu tertarik menjadi seorang auditor, sebaiknya kamu memahami beberapa skill atau keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang auditor, ya, sobat siker!

Baca Juga: Ketahui 6 Jenis Auditor Ini!

Skill Seorang Auditor

Seperti dikutip dari laman Glints, berikut beberapa keterampilan yang perlu kamu kuasai bila ingin menjadi seorang auditor antara lain:

Kecerdasan Emosional

Kemampuan pertama yang perlu dimiliki seorang auditor adalah kecerdasan emosional.

Ya, menjadi seorang auditor harus tahu bagaimana cara berempati dengan emosi klien atau pemangku kepentingan lain dengan tetap menjaga ketenangan dan terus berhati-hati.

Kompetensi kecerdasan emosional yang mumpuni ini nantinya akan membentuk seorang auditor yang mampu mengesampingkan perasaan-perasaan tertentu.

Skeptisisme Profesional

Skill selanjutnya yang tak kalah penting adalah skeptisisme profesional.

Maksudnya, seorang auditor yang baik tidak akan mempercayai fakta-fakta pendukung sebelum meninjau dokumen keuangan.

Kemampuan ini juga akan mendorong mereka pada setiap tinjauan dengan mata yang jeli dan tingkat kewaspadaan yang tinggi, terlepas dari opini di balik laporan yang ia periksa.

Baca Juga: 5 Langkah untuk Menjadi Seorang Auditor

Komunikasi yang Baik

Kemampuan selanjutnya yang juga penting untuk seorang auditor adalah kemampuan komunikasi yang baik.

Menurut survei dari Forbesimg di mana 200 koresponden termasuk para CFO dan dewan direksi perusahaan, mengungkapkan bahwa keterampilan dalam komunikasi merupakan keahlian paling penting yang perlu dimiliki oleh auditor.

Pada umumnya, perusahaan ingin auditor yang mampu menyampaikan pemikiran, ide, dan saran secara jelas dalam sebuah rapat.

Untuk itu, kemampuan ini wajib kamu miliki, sobat siker!

Kemampuan Berpikir Kritis & Perspektif Bisnis yang Luas

Skill terakhir yang tak boeh dilewatkan adalah kemampuan dalam berpikir kritis dan pandangan yang luas terhadap dunia bisnis.

Menurut laman Forbes, kedua kemampuan tersebut perlu diterapkan oleh auditor untuk keperluan analisis serta valuasi informasi dan fakta yang terkandung dalam proses audit.

Nah, itu tadi artikel mengenai skill penting seorang auditor yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Apa Tugas dan Tanggung Jawab Auditor Internal?


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

TAG :

Komentar