icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Lakukan 6 Cara Ini Agar CV mu Menarik
Siker.id | 27 Mar 2024 12:14


Bagikan ke
ilustrasi resume(siker.id/dok.freepik)

siKer.id- Sebenarnya, tidak ada cara mengisi CV yang khusus. Pada prinsipnya, CV yang bagus itu yang singkat, padat, dan mudah dipahami. Dengan begitu, HRD bisa lebih mudah menyortit CV-mu. Ikuti langkah-langkah cara membuat CV lamaran kerja yang menarik, agar CV mu jadi lebih ciamik:

Baca juga : 5 Kelebihan Sistem HRIS untuk Pengelolaan SDM

1. Taruh Informasi Dasar di Bagian Awal CV

Di awali CV cantumkan dengan berbagai informasi dasar. Contohnya seperti: nama, usia, nomor HP, alamat, dan sebagainya. Pilihlah info yang penting-penting saja dan hindari yang kurang relevan seperti hobi dan lampirkan link website profil Linkedln. Sehingga, para recruiter bisa mengenal diri Anda lebih jauh lewat dunia maya.

2. Sesuaikan CV dengan Perusahaan dan Posisi yang kamu incar

Salah satu kesalahan yang umum dilakukan oleh para pelamar kerja adalah menyebar CV yang sama ke semua perusahaan yang mereka lamar. Padahal, belum tentu isi CV-nya relevan dengan posisi yang dilamar. Mulai dari skill yang ditampilkan hingga penjelasan yang ada di dalam overview-nya. Jadi, pastikan kamu menyesuaikan CV-mu di setiap lamaran. Berikan kesan bahwa kamu benar-benar berkomunikasi dengan perwakilan perusahaan yang kamu incar, serta berikan isi CV yang betul-betul relatable dengan posisinya juga.

3. Awali CV dengan Overview

Setelah menaruh informasi dasar, sekarang waktunya menjelaskan siapa dirimu secara singkat, caranya dengan menulis overview di bagian awal CV. Overview sendiri adalah rangkuman singkat tentang dirimu. Contohnya seperti keahlianmu, pengalaman yang kamu miliki, dan juga motivasimu dalam melamar kerja.

Baca juga : 5 Kelebihan Sistem HRIS untuk Pengelolaan SDM

4. Tampilkan Pengalaman Kerja yang Terbaru

Bila kamu sudah memiliki pengalaman kerja, kamu bisa langsung menampilkan daftar pengalaman kerja yang kamu miliki. Tujuannya agar tim HR tahu kamu pernah bekerja di mana saja dan di posisi apa.

5. Jelaskan Skill yang Relevan dengan Posisi yang Diincar

Selain pengalaman kerja, yang tak kalah penting adalah skill. Karena tim HR perlu tahu apakah skill yang kamu miliki cocok dengan yang mereka cari atau tidak.

6. Gunakan Desain yang Menarik

Tambahkan elemen desain yang sederhana tetapi menarik, seperti garis pembatas, ikon, atau variasi huruf. Pilih font yang mudah dibaca dan sesuaikan ukurannya dengan baik.

Baca juga : 5 Kelebihan Sistem HRIS untuk Pengelolaan SDM


Editor: Safira -

     

Komentar