icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Pentingnya Alat Pelindung Diri Bagi Pekerja konstruksi
Siker.id | 21 Mar 2023 14:59


Bagikan ke
Ilustrasi pekerja kontraktor menggunakan APD ( Siker / dok. Freepik )

siker.id Industri konstruksi adalah salah satu industri yang paling berisiko tinggi di dunia. Para pekerja konstruksi seringkali terpapar dengan bahaya yang berat seperti jatuh dari ketinggian, terjebak di antara benda berat, terkena bahan kimia berbahaya, dan risiko kecelakaan lainnya.

Oleh karena itu, alat pelindung diri yang tepat sangat penting untuk melindungi para pekerja konstruksi dari bahaya dan risiko yang terkait dengan pekerjaan mereka.

Baca juga: Begini Pekerjaan Seorang Kontraktor

Berikut adalah beberapa alat pelindung diri yang sangat penting bagi pekerja konstruksi:

1. Helm keselamatan

Helm keselamatan adalah salah satu alat pelindung diri yang paling penting bagi para pekerja konstruksi. Helm keselamatan melindungi kepala dan otak pekerja dari benturan keras, jatuhnya benda berat, dan benturan lainnya yang dapat membahayakan keselamatan pekerja.

2. Harness keselamatan

Harness keselamatan digunakan oleh para pekerja yang bekerja di ketinggian untuk mencegah jatuh. Harness keselamatan terdiri dari sabuk pengaman yang terpasang pada tubuh pekerja dan tali pengikat yang terhubung dengan benda lain yang dapat menahan pekerja jika jatuh.

3. Sepatu keselamatan

Sepatu keselamatan digunakan untuk melindungi kaki dan jari-jari kaki pekerja dari jatuhnya benda berat, tumpahan bahan kimia, dan risiko kecelakaan lainnya. Sepatu keselamatan harus memiliki perlindungan di bagian depan dan belakang kaki, serta sol yang tahan lama dan anti-slip.

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Jadi Petugas K3

4. Kacamata keselamatan

Kacamata keselamatan melindungi mata pekerja dari benda-benda kecil yang dapat masuk ke mata atau dari debu, bahan kimia, atau sinar ultraviolet yang dapat membahayakan kesehatan mata.

5. Respirator

Respirator digunakan untuk melindungi pekerja dari udara yang tercemar atau beracun. Respirator membantu mengurangi risiko terkena penyakit pernapasan dan melindungi saluran pernapasan pekerja dari partikel berbahaya dan bahan kimia yang ada di udara.

6. Pelindung telinga

Pelindung telinga digunakan oleh pekerja yang terpapar dengan suara bising yang tinggi seperti suara mesin atau suara peralatan konstruksi lainnya. Pelindung telinga membantu melindungi pendengaran pekerja dan mengurangi risiko gangguan pendengaran akibat paparan suara bising yang berlebihan.

Dalam industri konstruksi, keamanan dan kesehatan pekerja sangat penting. Alat pelindung diri yang tepat dapat membantu melindungi pekerja dari risiko dan bahaya yang terkait dengan pekerjaan mereka.

Oleh karena itu, perusahaan konstruksi harus memastikan bahwa semua pekerja dilengkapi dengan alat pelindung diri yang sesuai dan selalu mengedukasi para pekerja tentang pentingnya menggunakan alat pelindung diri dengan benar dan secara konsisten.

Baca juga: Begini 5 Tanggung Jawab Seorang Kontraktor Sipil!


Editor: Kevin Arjenza Ariyanto -

     

Komentar