Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Penasaran Apa Tugas Seorang Drafter? Cek 5 Hal Ini!
Siker.id | 06 Dec 2022 13:06


Bagikan ke
Tugas seorang drafter (siker)

siker.id – Selain pekerjaan seorang arsitek yang merancang suatu desain bangunan, terdapat pula pekerjaan seorang drafter.

Apa itu drafter dan bagaimana pekerjaannya?

Pengertian drafter sendiri berasal dari Bahasa Inggris, drafting yang berarti menyusun, merancang, atau merangkai.

Jadi, seorang drafter merupakan seseorang yang menuangkan sebuah konsep desain ke dalam bentuk gambar yang detail, lengkap dengan ukuran, tata letak, dan fitur-fitur di dalamnya.

Gambaran seorang drafter lalu akan digunakan untuk membantu eksekusi pembangunan atau produksinya.

Dikutip dari laman ekrut, di bidang arsitektur drafter akan bekerja bersama desainer atau sang arsitek untuk menciptakan gambaran atau floor plan yang detail.

Tak hanya tata letak ukuran dan tampilan, namun juga detail struktural untuk menciptakan bangunan yang kokoh dan sesuai kebutuhan penghuni.

Nah, bila kamu memang tertarik menjadi seorang drafter sebaiknya kamu pahami dulu beberapa hal di bawah ini!

Baca Juga: Apa itu Drafter? Begini Penjelasannya!

Tugas Seorang Drafter

Seperti dilansir dari laman pengadaanbarang, berikut tugas dan tanggung jawab seorang drafter antara lain:

1. Mendesaian perencanaan kasar dan mendetil untuk strtuktur pondasi, denah lantai, dan gambar pendetailan lainberdasarkan konsep, sketsa, kalkulasi teknik, lembar spesifikasi, dan data-data lain yang sudah ada

2. Mengatur tata letak (layout) bangunan, dan merencanakan pengaturan ruangan interior

3. Mengkoordinasikan desain struktur bangunan dan ME (Mechanical Electrical), serta menentukan metode presentasi yang mewakili perencanaan bangunan secara visual sehingga gambar tersebut dapat dengan jelas dan mudah dimengerti orang lain

4. Menggunakan dan mengoperasikan software program Computer Aided-Drafting (CAD) atau pos drafting konvensional untuk menghasilkan berbagai desain, gambar pengukuran, bagan, bentuk, atau catatan

5. Menganalisa aturan bangunan, peraturan hukum, kebutuhan ruangan dan tempat, serta dokumen teknis dan laporan lainnya untuk menentukan efeknya pada desain arsitektur

Baca Juga: Mengenal Pekerjaan Arsitek Data

Skill Penunjang Seorang Drafter

Menjadi seorang drafter juga membutuhkan beberapa skill. Seperti dilansir laman drafter.id, berikut beberapa skill penting seorang drafter antara lain:

1. Orientasi pada detail

Salah satu skill penting seorang drafter adalah beriorientasi pada hal yang detail.

Pasalnya, dalam pekerjaannya seorang drafter akan berhubungan dengan gambar-gambar yang memiliki kualifikasi tertentu.

Untuk itu, sebagai seorang drafter, harus berhati-hati bahwa semua gambar harus jelas dan mudah dipahami berdasarkan spesifikasi yang telah ditentukan.

2. Kemampuan teknik

Keterampilan lainnya yang juga menjadi keterampilan vital bagi seorang drafter adalah kemampuan teknik yang berhubungan dengan pekerjaannya.

Drafter di semua spesialisasi harus dapat menggunakan software komputer seperti CAD, dan bekerja dengan database tools, seperti membangun model informasi (BIM).

Nah, itu tadi artikel mengenai tugas seorang drafter yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Begini 5 Tips Menjadi Arsitek


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar