icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Kegiatan Magang Penting Bagi Mahasiswa, Selengkapnya
Siker.id | 22 Oct 2021 16:37


Bagikan ke
ilustrasi magang(siker.id/dok)

siker.id - Ketika menjadi mahasiswa, banyak kegiatan di luar kampus yang bisa kamu ikuti untuk mengisi waktu. Selain mengikuti organisasi dan kepanitiaan, kamu juga bisa mengikuti program magang yang dibuka oleh suatu perusahaan.

Kegiatan magang atau internship akan menjadikanmu mendapatkan banyak hal sebelum melangkah ke jenjang karir selanjutnya, lho!

Berikut adalah 3 alasan mengapa magang penting dan dapat memberikanmu banyak keuntungan:

Baca juga: Apa Saja Masalah Yang Timbul Dari PKWT?

1.Mengembangkan skill

Saat kamu menjalani program magang, kamu akan lebih banyak mengenal beragam keterampilan, kelebihan, serta kelemahanmu. Hal ini disebabkan karena saat magang, kamu akan mendapatkan feedback dari atasan ataupun rekan kerja terkait performamu dalam pekerjaan. Melalui feedback tersebut kamu dapat mengevaluasi diri secara mandiri sekaligus mengasah keterampilanmu.

2.Membangun networking

Ketika kamu menjalankan program magang, tentunya kamu akan berhubungan dengan banyak orang. Bisa saja kamu mendapatkan tugas untuk menghubungi seseorang dari kantor lain atau bahkan turut serta dalam event tertentu.

Saat itulah kesempatan bagi kamu untuk bisa mendapatkan networking secara maksimal. Networking yang telah kamu bangun tidak menutup kemungkinan akan menjadi suatu hal yang bermanfaat di kemudian hari.

Baca juga: Apa Masalah Hukum Yang Dihadapi Karyawan di Tempat Kerja?

3.Pengalaman kerja

Jika kamu sudah menjadi fresh graduate nanti, pastinya kamu akan mencari pekerjaan. Sebagian besar lowongan kerja memiliki kualifikasi “harus berpengalaman”. Dengan mengikuti magang, maka kamu telah memenuhi satu kualifikasi tersebut.

Selain itu, pengalamanmu selama magang juga akan sangat membantumu menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.Misalnya saja tata cara menghubungi atasan, berkomunikasi dengan rekan kerja, dan sebagainya.

Nah, itu dia 3 alasan penting mengapa magang sangat penting untuk kamu yang masih berstatus mahasiswa. Akan tetapi, kamu harus pintar membagi waktu antara magang dengan kegiatan perkuliahanmu. Jangan sampai kamu mengabaikan tugas-tugas kuliahmu karena sibuk mengikuti magang ataupun sebaliknya!

Sekian artikel Kegiatan Magang Penting Bagi Mahasiswa, Selengkapnya. Bila menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke semua orang.Bila ada kritik dan saran bisa anda tulis pada kolom komentar

Terima kasih

Baca juga: Lalai Daftarkan BPJS, Pengusaha Kena Sanksi?

 

 


Editor: Bagus -

     

Komentar
Pencarian