5 Cara Budidaya Lebah Madu
Siker.id | 03 Jun 2022 16:00


Bagikan ke
Ilustrasi lebah madu (freepik/siker.id)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - Ternak lebah menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Selain banyak diminati, ternak lebah juga terbilang tidak banyak membutuhkan modal. Bisnis budidaya lebah madu ini, selain bisa mengambil telurnya juga tentunya madu, yang merupakan salah satu hasil dari lebah madu tersebut.

Lalu, bagaimana cara budidaya ternak lebah madu? Nah, berikut ini beberapa langkahnya.

Baca juga : 5 Peluang Usaha yang Muncul di Tengah Pandemi

1. Siapkan Segala Perlengkapan

Hal pertama yang bisa kamu siapkan adalah rumah lebah, yaitu kotak kayu. Di dalam kotak kayu itu terdapat bingkai-bingkai kayu yang berfungsi sebagai tempat meletakkan sarang madu. Kamu perlu menyiapkan kotak dari papan kayu mahoni atau kayu suren yang memiliki tebal 3 cm.

Selain itu, siapkan juga alat pengasap guna menjinakkan lebah madu yang agresif ketika proses panen. Kemudian, siapkan pakaian pelindung diri yang tebal juga dilengkapi masker pelindung wajah dan kepala.

Kemudian, siapkan sapu sikat, sarung tangan, penyekat, serta tempat makan di dalam kotak kayu rumah lebah tersebut. Selanjutnya, kamu dapat menanam beberapa bunga di area sekitar budidaya ternak lebah madu sebagai sumber makanan lebah, yaitu nektar bunga. Selain itu, pastikan suhu ideal tempat ternak lebah sekitar 25°C.

2. Buat Rumah Lebah

Bentuklah rumah lebah kotak seperti peti kayu dengan lebar 25 cm dan panjang antara 30 cm sampai 40 cm. Isi kotak itu dengan beberapa bingkai kayu. Selain itu, kotak rumah lebah tersebut juga dapat dibangun menggunakan kayu jati yang terkenal kokoh.

Baca juga : Tips Memulai Usaha Tambang Batubara

3. Pilih Bibit Lebah yang Unggul

 

 

 

 

 

Kamu bisa mendapatkan bibit lebah di petani lebah yang berpengalaman. Pastikan bibit lebah yang kamu pilih adalah bibit unggulan. Bibit lebah yang diperlukan meliputi lebah ratu, lebah pekerja, serta lebah jantan.

 Di dalam rumah lebah tersebut juga disediakan olesan royal jelly sebagai makanan pertama. Kamu juga bisa menyediakan air gula pada salah satu sisi rumah lebah.

4. Bersihkan Rumah Lebah Secara Berkala

Hal yang tidak boleh luput dari perhatian adalah kebersihan rumah lebah. Sebab, apabila dibiarkan begitu saja, rumah lebah terancam diserang rayap.

Selain itu, kamu juga harus memotong rumput liar di bawah rumah lebah dan memastikan bunga-bunga yang kamu tanam cukup untuk makanan lebah.

5. Proses Panen Lebah Madu

Kamu harus mempersiapkan secara matang karena lebah bisa menjadi agresif. Ketika mulai panen, pastikan kamu mengenakan peralatan lengkap agar tidak tersengat lebah. Kemudian, lakukan pengasapan di area rumah lebah yang ingin diambil sarang madunya.

Kamu dapat mengambil sarang madu yang ada di bingkai kotak kayu rumah lebah. Hasil panen yang dapat kamu jual berupa cairan madu, royal jelly, honeycomb serta sarang madu. Sementara, apabila ditemukan sarang madu yang tersisa telur lebah, kamu dapat memasaknya karena memiliki kandungan yang baik untuk tubuh.

Itulah dia beberapa langkah yang bisa kamu lakukan ketika ingin membudidaya lebah madu sebagai usaha bisnis, semoga bermanfaat ya!

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 4 Cara Meninkatkan Loyalitas Pelanggan Usaha Anda


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian