5 Peluang Usaha yang Muncul di Tengah Pandemi
Siker.id | 20 Jan 2022 15:20


Bagikan ke
Peluang usaha yang muncul di tengah pandemi. (siker)

siker.id - Pandemi virus corona (Covid-19) telah mengakibatkan lumpuhnya sektor ekonomi hingga berimbas pemecatan sepihak atau pemutusan hubungan kerja (PHK) bagi beberapa karyawan di industri atau perusahaan yang terdampak. Selain banyak perusahaan gulung tikar, ada pula perusahaan yang harus menyetop proses rekrutmen karyawannya. Imbasnya, banyak lulusan baru atau fresh graduate yang susah mendapatkan pekerjaan. Kendati demikian, ternyata masih ada juga beberapa pekerjaan yang justru laku di masa pandemi corona. Meski paradoks, profesi ini memberikan peluang yang besar untuk menghasilkan uang. Berikut peluang usaha yang muncul ditengah pandemi!

Baca juga: Berikut Kiat Sukses Memulai Usaha Dari Nol

Usaha Online

Memanfaatkan kemajuan teknologi, usaha online sudah banyak digandrungi bahkan sebelum wabah Pandemi menjangkit. Ide usaha online ini sangat beragam dan fleksibel, hanya perlu memanfaatkan internet dan laptop atau smartphone saja. Terlebih di tengah pembatasan sosial, dimana masyarakat lebih banyak beraktivitas di dalam rumah yang justru meningkatkan penggunaan internet -termasuk untuk berbelanja. Menjalankan usaha online bisa dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan lapak-lapak e-commerce yang kian banyak tersedia.

Usaha Pembuatan Kain Masker

Selama masa pandemi ini, masker menjadi barang wajib dikenakan, terlebih ketika harus melakukan aktivitas di luar rumah. Fenomena ini membuat masker medis menjadi barang yang cukup langka -apalagi sempat adanya kelangkaan dan kalaupun ada harganya terbilang tinggi. Sampai kemudian, keluar himbauan bahwa masker medis diperuntukkan bagi para pejuang garda terdepan dalam menangani pasien covid dan untuk masyarakat bisa dengan masker kain sebagai alternatif. Dan hal ini bisa menjadi peluang usaha bagi yang memiliki keterampilan menjahit Menjalani usaha masker kain bisa sangat menguntungkan untuk dijalankan.

Usaha Catering Harian

Salah satu usaha yang menjanjikan adalah berjualan makanan. Ini sudah pasti menjadi peluang usaha yang bagus bagi yang memiliki kemampuan memasak mumpuni dengan menjalani usaha catering harian. Wabah virus corona membuat sebagian masyarakat mulai concern dalam menjaga kesehatan, salah satunya menjaga pola dan asupan makan yang lebih sehat. Bisa dengan menjalani catering yang menghadirkan menu-menu sehat dan bergizi seimbang.

Baca juga: Tips Memulai Usaha agar Tidak Bangkrut

Kurir Barang dan Makanan

Statistik belanja online meroket sejak pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah. Meningkatnya aktivitas belanja online membuat banyak kurir barang yang kewalahan dengan membeludaknya pesanan. Tak ayal, jika perusahaan ekspedisi merekrut karyawan dalam jumlah banyak untuk memenuhi standar prima pihak ekspedisi dalam ketepatan waktu pengiriman. Selain itu, kurir makanan via aplikasi daring tampaknya dapat dijadikan pilihan untuk mengisi kekosongan pekerjaan. Pasalnya di tengah pembatasan sosial yang diterapkan pemerintah, masyarakat memenuhi kebutuhan perutnya dengan memesan makanan via online.

Freelancer

Bagi para pekerja freelance di bidang penulisan kreatif dan desain tentu dapat dijadikan tempat menghasilkan uang yang mengasyikkan. Mengingat kebiasaan bekerja di rumah tak terlalu tergeser dengan rutinitas yang dilakukan bahkan sebelum pandemi virus corona. Beberapa pemesanan jasa juga cukup lancar jika pekerjaan yang dikerjakan para freelancer mencakup klien dari dalam negeri hingga mancanegara.

Sekian artikel tentang peluang usaha yang muncul saat pandemi. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Peluang Kerja Lulusan Perhotelan, Baca Ini


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar