Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Lakukan 9 Gerakan Peregangan Ini Agar Tetap Segar Bekerja
Siker.id | 07 Aug 2023 11:00


Bagikan ke
Ilustrasi peregangan (siker.id/dok. Canva)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - Dalam rutinitas kerja yang sibuk di kantor, seringkali sulit bagi kita menyisihkan waktu untuk berolahraga. Meskipun begitu, olahraga ringan dapat dengan mudah dilakukan disela jadwal kerja yang dapat membantu menjaga tubuh tetap bugar dan meningkatkan energi dan menjaga produktivitas sepanjang hari. Berikut adalah beberapa olahraga ringan atau peregangan yang bisa dilakukan di kantor tanpa mengganggu pekerjaan:

Baca juga: Tetap Semangat Bekerja di Hari Senin dengan 7 Tips Ini

1. Peregangan Tangan dan Bahu

Peregangan tangan dan bahu bisa membantu meredakan ketegangan dari pekerjaan di depan komputer. Letakkan tangan di belakang kepala, kemudian perlahan tarik siku-siku ke belakang hingga kamu merasakan peregangan di bagian bahu dan lengan. Tahan selama beberapa detik, lalu lepaskan.

2. Peregangan Pergelangan Kaki

Peregangan ini bisa membantu melonggarkan otot-otot kaki setelah lama duduk. Duduk di kursi, angkat satu kaki dan putar pergelangan kaki secara perlahan searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam. Lakukan hal yang sama untuk kaki lainnya.

3. Berdiri dan Melompat Kecil

Berdiri di tempat dan lakukan gerakan melompat kecil. Gerakan ini bisa membantu meningkatkan aliran darah, meredakan kekakuan, dan memberi sedikit dorongan energi.

4. Peregangan Leher dan Bahu

Peregangan leher dan bahu bisa membantu mengurangi ketegangan yang sering muncul akibat posisi duduk yang lama. Dengan perlahan miringkan kepala ke samping, tahan sejenak, lalu lakukan ke sisi lain. Kemudian, putar kepala perlahan ke depan dan belakang.

5. Berjalan

Setiap beberapa saat sekali saat kamu merasa sudah terlalu lama duduk, berdiri dari meja dan berjalanlah sejenak di sekitar kantor. Hal ini dapat membantu memberikan kesegaran pada tubuh dan pikiran.

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan ini saat Melakukan Brainstorming

6. Latihan Perut dan Punggung

Duduk di kursi dengan punggung tegak, angkat satu kaki secara perlahan dan tahan sejenak, lalu turunkan. Ganti kaki dan ulangi latihan ini beberapa kali untuk melatih otot perut dan punggung bawah.

7. Peregangan Betis

Berdiri di depan meja atau dinding, langkahkan satu kaki ke belakang dan tekuk lutut yang lain. Tekuk kedua lutut dan condongkan tubuh ke depan untuk merasakan peregangan di betis. Tahan selama beberapa detik, lalu ganti kaki.

8. Peregangan Bahu dan Lengan

Duduk dengan punggung tegak, angkat satu lengan dan bengkokkan di siku, lalu tarik siku ke arah kepala dengan tangan lainnya. Tahan sejenak, lalu ganti tangan.

9. Latihan Pernafasan Dalam

Latihan pernapasan dalam dapat membantu mengurangi stres dan memberikan segarkan pada pikiran. Duduk dengan nyaman dan perlahan hembuskan napas dalam-dalam melalui hidung, tahan beberapa detik, lalu hembuskan napas perlahan melalui mulut.

Dengan melakukan peregangan ringan ini secara teratur di kantor, kamu dapat menjaga kesehatan tubuh dan menjaga semangat agar tetap segar sepanjang hari. Ingatlah untuk selalu memprioritaskan kesehatan dan kenyamanan saat melakukan gerakan-gerakan ini. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: 6 Dampak Negatif Mengikuti Program Management Trainee


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian