Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Model Gaya Kepemimpinan MSDT
Siker.id | 06 Apr 2023 14:34


Bagikan ke
ilustrasi model MSDT (siker / doc.freepik)

siker.id - MSDT (Management Style Diagnostic Test) merupakan alat tes yang dibuat dengan standar teori W.J. Reddin pada tahun 1970 berdasarkan teori efektivitas kepemimpinan 3 Dimensi (3D) atau yang disebut dimensi gaya manajemen yang efektif. 

Rediin dalam teorinya membagi model gaya kepemimpinan manajemen MSDT menjadi 8 kategori yaitu Deserter, Missionary, Autrocratic, Compromiser, Bureaucratic, Developer, Benevolent Autocratic, dan Executive.

Baca juga: Begini Cara Mengerjakan Tes Psikotes MSDT!

Berikut kami rangkumkan kedelapan kategori tersebut:

1. Deserter
Deserter merupakan model gaya kepemimpinan MSDT yang memiliki gaya dalam manajemen suka mengabaikan sebuah permasalahan, tidak bertanggung jawab (laisser-faire), dan suka cuci tangan (tidak mau disalahkan). Tipe gay aini lebih cenderung mengabaikan keterlibatan atau intervensi yang dapat menjadikan sebuah situasi yang idanggapnya rumit.

2. Missionary
Model gaya kepemimpinan ini berupaya untuk menjaga orang lain, termasuk bawahannya sendiri. Perilaku mengajak, menunjukan bagian paling penting dari gaya yang ia tunjukan.

3. Autocratic
Model gaya kepemimpinan ini memiliki pendekatan yang kurang efektif karena cenderung lebih memperhatikan produktivitas dan hasil. Model gaya kepemimpinan ini cenderung memberikan tugas kepada bawahan berdasarkan instruksi dan mengawasi prosesnya secara ketat.

4. Compromiser
Model gaya kepemimpinan ini memiliki ciri mengandalkan tugas dan relasi yang seimbang namun sulit untuk mengintegrasikan suatu tuntutan pekerjaan dan hubungan keseharian. Dalam menghadapi tekanan, mereka cenderung untuk kompromi sehingga tujuan-tujuan seringkali menyimpang atau tidak sesuai dengan waktu maupun targert yang sudah ditetapkan.

Baca juga: Apa Itu MSDT? Baca Ini

5. Bureuaucratic (Birokrat)
Tipe gaya kepemimpinan ini adalah tipe procedural dan mendasarkan pada aturan. Fungsi dan peran para pemimpin tipe birokrat akan sangat optimal dalam situasi yang terstuktur dengan sebuah pola procedural yang jelas. 

6. Developer
Model gaya kepemimpian ini bertindak secara professional tanpa mengesampingkan aspek emosi dari bawahan, Bawahan akan diberikan kesempatan dalam memberikan ide, pandangan maupun peran lebih dari kebijakan yang ada untuk mengembangkan sebuah profesi.

7. Benevolent Autocratic
Model gaya kepemimpinan ini memiliki sisi pengendalian dan pengarahan yang komunikatif. Model gaya ini efektif karena memberi unsur komunikatif meskipun masih mengandalkan suatu instruksi atau intervensi.

8. Executive
Model gaya kepemimpinan ini dianggp paling efektif karena dapat mengelola tugas dan hubungan dengan baik. Model ini memiliki sisi efektif daripada kompromis. Polanya dilakukan dnegan mengintegrasikan tugas dengan hubungan dengan baik. Memanfaatkan kedua aspek dengan sinergi yang sangat optimal dalam mengelola manajemen.

Baca juga: Termasuk Yang Manakah Tipe Kepemimpinan Kamu ?

Demikian informasi mengenai beberapa model gaya kepemimpinan dalam MSDT. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian.


 


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

Komentar