Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Begini Cara Mengerjakan Tes Psikotes MSDT!
Siker.id | 06 Apr 2023 12:19


Bagikan ke
ilustrasi MSDT (siker / doc.freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - Tes psikologi atau sering disebut tes psikotes merupakan salah satu syarat wajib untuk melamar kerja yang sering diterapkan oleh banyak perusahaan. Tes psikotes dilakukan untuk mengetahui karakter dan kepribadian calon kandidat. Hal ini bertujuan agar perusahaan bisa mendapatkan kandidat yang sesuai dan sejalan dengan visi misi perusahaan.

Masing-masing perusahaan memiliki jenis tes psikotes yang berbeda-beda, disesuaikan dengan pekerjaan yang dilamar. Salah satu jenis tes psikotes yaitu MSDT. 

Baca juga: Ini Dia 4 Tips Persiapan Menjalani Psikotes!

Nah, apa itu tes MSDT? bagaimana cara mengerjakan tes MSDT? Yuk simak informasi berikut!

PENGERTIAN

MSDT merupakan singkatan dari Management Style Diagnostic Test, yaitu alat tes yang bertujuan untuk memahami tipe kepemimpinan seseorang.

MSDT dikembangkan oleh W.J. Reddin pada tahun 1970 berdasarkan teori efektivitas teori efektivitas kepemimpinan 3 Dimensi (3D). Teori 3 D ini disebut juga sebagai Theory of Managerial Effective atau dimensi gaya manajemen yang efektif.

Biasanya tes MSDT diberikan pada saat rekrutmen, promosi jabatan atau asesmen pada level manajerial. 

TUJUAN TES MSDT

- Untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan pemimpin dalam menjalankan tugas standar menjadi lebih sistematis dan memiliki visi yang lebih untuk kemajuan perusahaan atau organisasi ke depannya.
- Untuk memahami kemampuan pemimpin dalam mengumpulkan orang untuk bekerja sama dalam menyelesaikan dan memecahkan masalah sesuai dengan arahan direksi tanpa terjadi distorsi walaupun bawahannya memiliki pengetahuan dan pemahaman teknis yang beragam.
- Untuk memahami kecenderungan atau jenis tipe kepemimpinan seseorang

Baca juga: Persiapkan 7 Hal ini Sebelum Ikuti Tes Psikotes!

CARA MENGERJAKAN TES MSDT

MSDT memiliki standar khusus yang mampu mengukur kemampuan kepemimpinan seseorang. Tes ini terdiri dari beberapa pasang pernyataan, peserta tes diminta untuk menjawab atau mengisi salah satu pernyataan yang paling sesuai dengan kondisi dirinya.

Jika dalam 2 pernyataan tidak ada yang sesuai dengan kondisi maka pilihlah salah satu yang mirip atau mendekati kondisi peserta. Namun jika keduanya sesuai maka pilihlah yang paling sesuai dengan kondisi peserta.

INTERPRETASI MSDT

Hasil tes nantinya akan dijumlahkan dan selanjutnya akan dilakukan interpretasi hasil tes MSDT.

Bagian terpenting dari interpretasi MSDT adalah 8 gaya kepemimpinan atau perilaku yang merupakan hasil kominasi TO, TO, dan E

- TO (Task Oriented)
TO menunjukan pemimpin mengarahkan bawahannya dalam usaha pencapaian tujuan organisasi, melalui proses planning, organizing, dan controlling

- RO (Relationship Oriented)
RO menunjukan pemimpin mempunyai pekerjaan yang bersifat pribadi, ditandai dengan adanya tingkah laku saling mempercayai, mengharhai ide-ide bawahan serta tenggang rasa terhadap perasaan bawahannya

- E (Effectiveness)
E menunjukan pemimpin berhasil dalam mencapai tujuan organisasinya sesuai dengan persyaratan kedudukannya.

Baca juga: Beberapa Hal yang Membuat Takut Psikotes

Demikian informasi mengenai tes MSDT yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian.


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian