icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Beberapa Hal yang Membuat Takut Psikotes
Siker.id | 30 Sep 2022 16:25


Bagikan ke
Beberapa Hal yang Membuat Takut Psikotes (siker)

siker.id - Muncul beberapa mitos tentang psikotes. Pasalnya psikotes dianggap tahapan tersulit saat proses rekrutmen kerja. Nah, hal inilah yang membuat kekhawatiran para calon kandidat yang sedang mengikuti tahap rekrutmen.

Baca Juga : Psikotes Gambar yang Sering Dipakai Rekrutmen

Apasaja sih hal-hal yang membuat calon kandidat takut pada tahap psikotes ? Simak penjelasan berikut ya sobat siker !

1. Psikotes bisa dipelajari

Mitos yang pertama yaitu psikotes bisa dipelajari. Banyak yang beranggapan bahwa psikotes bisa dipelajari. Terlebih, terdapat beberapa tes yang meliputi tes numerik. Namun, pada kenyataannya tidak semua jenis psikotes dapat dipelajari. Bahkan, kamu tidak perlu mempersiapkan diri untuk dapat menjawab tes kepribadian dengan baik. Tidak ada nilai “benar” atau “salah” dalam psikotes. Kamu tidak perlu khawatir tidak dapat menjawab tes tersebut dengan benar. Karena tujuan psikotes sebenarnya hanya untuk memastikan apakah kamu memenuhi kriteria yang diinginkan oleh perusahaan. Sehingga, kamu tidak perlu benar-benar mempelajarinya.

2. Jangan makan sebelum tes berlangsung

Mitos yang kedua yaitu jangan makan sebelum tes berlangsung. Menjalani psikotes membutuhkan fokus yang baik. Untuk itu, kamu harus dalam kondisi prima. Para ahli psikologi bahkan tidak menyarankanmu untuk mengerjakan psikotes dalam kondisi perut kosong. Kamu dapat mengonsumsi makanan beberapa jam sebelum psikotes berlangsung. Tapi, pastikan bahwa kamu tidak perlu ke toilet saat tes berlangsung.

Baca Juga : Begini Manfaat Psikotes dalam Proses Rekrutmen

3. Kepribadian adalah bawaan dan bersifat tetap

Mitos yang ketiga yaitu kepribadian adalah bawaan yang bersifat tetap. Kepribadian memang dipengaruhi oleh genetik. Akan tetapi, kepribadian secara keseluruhan bukanlah bawaan. Kepribadian seseorang juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan. Itulah sebabnya, kamu bisa mendapatkan hasil yang berbeda ketika mengikuti tes kepribadian dalam rentang waktu yang cukup jauh berbeda.

Nah, itu tadi beberapa hal yang membuat takut psikotes yang ternyata hanya mitos.

Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga : Persiapkan 7 Hal ini Sebelum Ikuti Tes Psikotes!


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

     

TAG :

Komentar