Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ilustrator: Definisi, Bidang Kerja dan Tanggung Jawab
Siker.id | 30 Mar 2023 15:34


Bagikan ke
ilustrasi ilustrator(siker / doc.freepik)

siker.id - Ilustrator merupakan suatu profesi yang berkaitan erat dengan bidang kesenian. Dalam proses kerjanya, seorang Ilustrator biasanya memiliki keahlian spesifik tertentu. Banyak orang salah mengartikan bahwa seorang Ilustrator sama halnya dengan seorang desain grafis, padahal keduanya jelas memiliki perbedaan.

Baca juga: Yuk Kenali 4 Cabang Pekerjaan Seorang Ilustrator Ini!

DEFINISI ILUSTRATOR

Seorang yang memiliki profesi sebagai Ilustrator bekerja untuk membuat gambar statis berupa ilustrasi yang kemudian digunakan dalam iklan, buku, majalah, komik, ataupun surat kabar. Seorang Ilustrator bertugas untuk memberikan bantuan atau intepretasi guna menyampaikan cerita, narasi, ide yang terkandung dalam produk tulisan melalui media visual.

Setiap Ilustrator memiliki ciri khas dalam memberikan penggambaran yang di hasilkan, termasuk dalam proses pengerjaannya, antara satu Ilustrator dengan Ilustrator yang lain tidak selalu sama. Ada yang menggunakan pensil, bolpoin, spidol hingga perangkat computer atau bahkan mengkombinasikan berbagai alat tersebut. Seorang Ilustrator berbeda dengan Desain grafis walau keduanya sama-sama menghasilkan karya visual. Perbedaan keduanya terletak pada proses pelaksaan kerjanya, seorang Ilustrator lebih berfokus pada menggambar sementara desain grafis lebih bergulat dengan struktur desain (membuat situs Web, Coding).

Baca juga: Begini 3 Skill Wajib Seorang Ilustrator!

BIDANG PEKERJAAN ILUSTRATOR

1. Ilustrator Komik

Seorang Ilustrator komik bekerja dengan membuat ilustrasi pada komik baik cetak maupun online. Pekerjaan ini menuntuk kreativitas dan ide seorang Ilustrator untuk dapat memberikan gambaran isi dari cerita komik secara visual sehingga memudahkan pembaca untuk memahami cerita tersebut.

2. Ilustrator Medis

Seorang Ilustrator medis bekerja dengan membuat ilustrasi di buku medis. Tentu seorang Ilustrator medis perlu memiliki pemahaman dan pelatihan medis khusus serta memiliki gelar keterampilan di bidang terkait

3. Ilustrator Storyboard

Seorang Ilustrator storyboard bertugas untuk membuat perencanaan sebelum seseorang melakukan proses pengambilan video/film. Hasil ilustrasi tersebut dibutuhkan untuk membantu memberikan gambaran secara jelas terhadap apa saja yang akan di shoot dan masuk ke layar.

4. Ilustrator Forensik

Ilustator forensik biasanya banyak di gunakan oleh instansi Polri. Seorang Ilustrator forensic bertugas untuk memberi gambaran atas deskripsi dari saksi atau korban dari sebuah kasus untuk mengarah pada ciri-ciri dan deskripsi fisik seorang pelaku.

PERAN DAN TANGGUNG JAWAB ILUSTRATOR

  • Brainstroming dan memberikan ide-ide
  • Menerjemahkan pesan ide atau cerita dalam bentuk visual yang menarik
  • Melakukan desain sebuah karya ilustrasi yang akan ditampilkan dalam iklan, majalah, koran, komik dan lain sebainya
  • Berkoordinasi dengan tim produksi untuk memastikan kualitas karya ilustrasi yang akan di tampilkan
  • Bekerja sesuai dengan jadwal untuk memenuhi tenggat waktu
  • Melakukan komunikasi yang baik dengan klien untuk memahami dengan jelas dan detail atas persepsi agar ketika membuat ilustrasi sesuai dengan pesan atau ide yang hendak di sampaikan.

Baca juga: 3 Rekomendasi Laptop untuk Kerja Desain Grafis

Demikian informasi mengenai ilustrator yang telah kami rangkum. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian.


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

Komentar
Pencarian