Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Kebiasaan Buruk Saat Bekerja Yang Harus Ditinggalkan
Siker.id | 03 May 2023 15:00


Bagikan ke
ilustrasi kebiasaan buruk (siker / doc.freepik)

siker.id - Kebiasaan buruk saat bekerja dapat mengganggu produktivitas dan kesehatan mental Anda. Meninggalkan kebiasaan buruk ini dapat membantu meningkatkan kinerja Anda dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat. 

Baca juga: 4 Kebiasaan Buruk yang Harus Kamu Hindari saat Bekerja

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk saat bekerja yang harus Anda hindari:

1. Terlalu sering mengambil istirahat
Mengambil istirahat secara teratur adalah penting untuk menjaga keseimbangan antara bekerja dan beristirahat. Namun, terlalu sering mengambil istirahat atau menghabiskan terlalu banyak waktu di ruang istirahat dapat mengganggu konsentrasi dan mengurangi produktivitas. Cobalah untuk mengambil istirahat singkat, tetapi teratur selama bekerja, seperti setiap 90 menit atau dua jam.

2. Menghindari tanggung jawab
Menghindari tanggung jawab atau menunda-nunda pekerjaan dapat membuat tugas menjadi menumpuk dan menciptakan tekanan yang tidak perlu. Cobalah untuk mengambil tanggung jawab Anda dengan serius dan menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu. Jika Anda merasa sulit untuk memulai, buatlah daftar tugas yang perlu diselesaikan dan mulailah dengan tugas yang paling mudah terlebih dahulu.

3. Terlalu sering memeriksa email atau media sosial
Menghabiskan terlalu banyak waktu memeriksa email atau media sosial dapat mengganggu konsentrasi dan menghabiskan waktu berharga yang seharusnya digunakan untuk menyelesaikan tugas. Cobalah untuk membatasi waktu Anda di email atau media sosial, seperti mengeceknya hanya pada jeda istirahat atau setelah selesai menyelesaikan tugas-tugas yang mendesak.

4. Terlalu banyak multitasking
Multitasking dapat menurunkan produktivitas dan mengurangi kualitas pekerjaan. Cobalah untuk fokus pada satu tugas pada satu waktu dan selesaikan sebelum beralih ke tugas berikutnya. Ini akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan dengan kualitas yang lebih baik.

5. Tidak berkomunikasi dengan baik
Komunikasi yang buruk dapat menciptakan kebingungan dan konflik di tempat kerja. Cobalah untuk berkomunikasi secara jelas dan terbuka dengan rekan kerja Anda dan memastikan bahwa Anda memahami tugas dan tanggung jawab Anda dengan jelas. Jangan takut untuk bertanya jika Anda tidak yakin tentang sesuatu atau meminta umpan balik untuk membantu meningkatkan kinerja Anda.

Baca juga: 6 Cara Tingkatkan Komunikasi Dengan Rekan Kerja

6. Terlalu banyak bekerja lembur
Bekerja lembur secara teratur dapat membuat Anda kelelahan dan mempengaruhi kesehatan mental dan fisik Anda. Cobalah untuk mengatur waktu kerja Anda dengan lebih baik dan menyelesaikan tugas-tugas Anda dengan efisien. Jangan takut untuk meminta bantuan jika Anda memerlukan waktu tambahan atau delegasikan beberapa tugas kepada rekan kerja Anda jika memungkinkan.

7. Tidak menjaga kesehatan
Terakhir, tidak menjaga kesehatan Anda dapat menganggu fisik Anda. Selain itu jika Anda tidak menjaga kesehatan maka akan berdampak pula pada pekerjaan Anda. Anda akan kurang konsentrasi sehingga tidak dapat mengerjakan pekerjaan dengan efisien dan maksimal, bahkan bisa jadi pekerjaan Anda akan menumpuk atau terabaikan jika Anda sakit.

Baca juga: 3 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kesehatan

Demikian informasi yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

Komentar