Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Menjadi Digital Nomad dan Hal Yang Harus Disiapkan
Siker.id | 27 Feb 2023 10:00


Bagikan ke
Ilustrasi Digital Nomad (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Era digital seperti saat ini sudah memungkinkan suatu pekerjaan untuk dikerjakan dari jarak jauh. Bisa dari rumah atau bahkan sambil travelling. Salah satu yang diperkirakan akan menjadi tren pekerjaan beberapa tahun kedepan yaitu digital nomad yang merupakan istilah untuk menggambarkan pekerja jarak jauh yang hanya mengandalkan teknologi internet. Pekerja digital nomad ini bisa bebas bekerja dimana saja dan kapan saja, namun tidak semua orang bisa menjadi digital nomad.

Baca juga: 5 Cara Berkomunikasi Yang Baik dan Benar

Untuk bisa menjadi digital nomad, pekerjaanmu harus memungkinkan untuk dikerjakan secara jarak jauh seperti freelancer, content creator dan sebagainya. Kamu juga harus punya passion yang menunjang skillmu. Contohnya, kalau kamu punya skill edit video dan suka travelling kamu juga harus punya passion untuk eksplore tempat-tempat dan suasana baru. Karena kamu tidak memilki aturan yang harus ditepati, kamu harus menerapkan disiplin diri. Dengan pekerjaan ini, kamu harus pandai mengatur waktu agar bisa menyeimbangakn urusan pekerjaan atau urusan pribadi. Kamu juga harus punya kemampuan mengatur keuangan karena pendapatan yang kamu hasilkan tidak stabil sehingga harus bisa menahan diri agar tidak terlena dengan uang yang dimiliki.

Kalau kamu memiliki ciri-ciri diatas, artinya kamu memungkinkan untuk bisa untuk menjadi digital nomad. Berikut beberapa hal yang wajib dimiliki digital nomad:

Baca juga: Milenial Harus Punya Side Hutsle? Apa itu?

1. Perangkat seperti laptop, smartphone, powerbank, noise-cancelling headphone, power adapter, electrical terminal, hard disk atau SD card

2. Internet seperti wifi atau mobile wifi, global hotspot atau simcard bagi yang inggin menggunakan kuota

3. Soft skills seperti mampu beradaptasi dilingkungan baru, disiplin diri, kreatif dan inovatif, punya motivasi diri yang tinggi dan selalu mau belajar hal baru.

4. Aplikasi yang menunjang pekerjaan seperti notion, Microsoft, google, evernote, dsb

5. Pengetahuan tentang tempat yang ingin dituju seperti cuaca dan suhu, biaya hidup, karakteristik penduduk ataupun norma yang berlaku.

Agar menjadi digital nomad yang berhasil, pastikan kamu selalu riset tempat-tempat yang ingin dituju. Buatlah plan dengan to-do list yang lengkap dan yang paling penting siapkan skill yang dapat menghasilkan uang. Setelah itu kamu bisa mencari komunitas agar bisa memperluas koneksi.

Sekian artikel mengenai digital nomad. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 5 Hal Wajib Sebelum Mulai Kerja Freelance


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar
Pencarian