Inilah Tahapan Terakhir Dalam Seleksi Kerja Karyawan Baru

Bagikan ke

Seleksi tidak tertulis

Dan, jika pelamar dinyatakan lolos pada tahapan atau jenis seleksi yang pertama dan kedua. Maka pelamar akan mengikuti jenis seleksi yang ketiga, yaitu seleksi tidak tertulis. Pelaksana fungsi SDM, yaitu HRD atau Personalia akan menggali lebih dalam lagi tentang diri si pelamar dengan beberapa metode. Dimana diantaranya adalah:

– Interview : dilakukan untuk menggali lebih dalam lagi perihal pengalaman kerja, antusiasme, dan beberapa potensi yang dimiliki oleh pelamar.

– Study case / praktek : dilakukan untuk mengetahui lebih jauh lagi perilah kamampuan pelamar dalam mengambil keputusan dan penyelesaian masalah.

– Medis : dilakukan untuk mengetahui kesiapan bekerja dari aspek kesehatan si pelamar.

Nah, itulah informasi tentang jenis-jenis seleksi karyawan yang peru kita ketahui. Namun perlu diketahui juga bahwa sebelum menjalankan proses seleksi. Disarankan untuk terlebih dahulu menyiapkan standard kualifikasi atau kriteria sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan begitu, proses seleksi karyawan akan bisa berjalan dengan efektif sesuai yang diharapkan. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua.