icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Bahasa Pemrograman yang Dikuasai Web Programmer
Siker.id | 13 Jan 2022 14:30


Bagikan ke
Bahasa pemrograman yang harus dikuasai oleh web programmer. (siker)

siker.id - Memutuskan masuk ke jurusan IT, Ilmu Komputer, atau Sistem Informasi? bisa dipastikan anda akan belajar banyak bahasa pemrograman. Masing-masing bahasa pemrograman ini punya tujuan spesifik yang menjadi “bidangnya”. Sebagai contoh, bahasa pemrograman PHP dan JavaScript digunakan untuk membuat website. Jika ingin membuat aplikasi android, bahasa pemrograman yang digunakan adalah JAVA dan XML. Jika ingin membuat aplikasi desktop, bisa menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic. Aplikasi iOS? Bisa menggunakan bahasa pemrograman Swift. Pada dasarnya jika Anda memiliki pengetahuan dasar dalam pemrograman, berpindah-pindah bahasa bukan menjadi masalah karena setiap Bahasa cenderung memiliki alur yang mirip. Jika Anda belum memiliki dasarnya maka pemilihan bahasa pemrograman sangat berpengaruh bagi kalian. Berikut ini beberapa Bahasa pemrograman yang lazim dipakai oleh seorang web programmer:

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Teknik Komputer?

1. Python

Menurut PYPL(Popularity of Programming Language) pada bulan April 2020, bahasa pemrograman Python menduduki peringkat pertama. Peringkat tersebut dilihat dari hasil analisa seberapa sering tutorial bahasa pemrograman yang di cari melalui google. Semakin banyak tutorial bahasa dicari maka bisa diasumsikan bahasa semakin populer. Python adalah bahasa pemrograman multi-paradigma, pemrograman berorientasi objek dan pemrograman terstruktur juga didukung penuh. Bahasa Python mudah dipahami dan mudah digunakan untuk pengembangan.

2. Java

Beberapa tahun terakhir bahasa pemrograma Java selalu menduduki peringkat pertama, namun kali ini Java menduduki peringkat ketiga bukan karena peminat Java telah menurun. Bahasa Java sering digunakan di kalangan organisasi dan perusahaan besar. Untuk pembangunan aplikasi skala besar bahasa Java masih menjadi primadona karena sifatnya yang stabil sehingga banyak perusahaan yang mengadopsinya. Bahasa Java sering digunakan untuk pembangunan aplikasi berbasis desktop, namun saat ini Java sering kali digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android juga. Bahasa pemrograman yang fleksibel dan bisa digunakan untuk membangun program yang dapat berjalan di perangkat manapun.

Baca juga: Berikut 6 Tips Menjadi Programmer Handal

3. PHP

PHP sering dianggap sebagai bahasa pemrograman back end, yang artinya ia kurang lebih dipakai untuk menangani interkoneksi antara server dan data daripada menangani keseluruhan tampilan/GUI (front end). PHP memiliki banyak keunggulan yaitu stabil dan matang dengan deretan framework yang tersedia sebagai dasar untuk menjalankan macam-macam website. Kelemahan PHP yaitu ia cenderung lebih lambat bila dibandingkan dengan bahasa lain yang kami sebut di sini.

4. JavaScript

Dalam dunia mobile, tak ada yang mengalahkan nama besar JavaScript hingga saat ini. Ada banyak alasan mengapa demikian, tapi diantaranya adalah karena ia serbaguna, implementasinya sederhana, mudah untuk pemula, dukungan dari komunitas besar, interoperabilitas dengan bahasa pemrograman lain, dan sangat cepat. Semua browser modern memiliki mesin JavaScript untuk memproses script di client-side dengan jauh lebih cepat daripada server-side.

5. C#

Bahasa pemrograman C# menduduki peringkat 4 karena bahasa pemrograman ini banyak digunakan untuk kebutuhan back-end, server-side programming, pengembang aplikasi web, game , dan software untuk platform Windows. Bahasa yang dikembangkan oleh Microsoft ini, pada tahun 2000 memutuskan untuk membuat Object Oriented C seperti bahasa pemrograman C# sebagai bagian dari inisiatif .NET. Tidak hanya untuk windows penggunaan bahasa pemrograman C# juga dapat menghasilkan aplikasi yang dapat berjalan di platform IOS/ Android dan platform Linux juga.

Sekian artikel tentang Bahasa pemrograman yang dikuasai web programmer. Bila menyukai artikel ini bisa Anda Bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima Kasih.

Baca juga: Apa Tugas dan Fungsi Seorang Programmer?


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar