icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengenal Profesi Tour Guide (Pemandu Wisata)
Siker.id | 27 Mar 2023 11:54


Bagikan ke
ilustrasi tour guide (siker / doc.freepik)

siker.id - Apakah kamu pernah berkunjung ke suatu tempat yang tidak pernah dikunjungi sebelumnya namun tidak tahu apa saja destinasi wisata di tempat tersebut dan kamu ditawarkan jasa Tour Guide untuk memandu wisata kalian? Tapi apakah kalian tau sebenarnya tour guide itu apa? dan apa saja sih tugas dari tour guide?

Nah sebelum lebih lanjut lagi, kita cari tahu yuk pengertian dari tour guide!

Apa sih Tour Guide?

Tour Guide dalam bahasa Indonesia artinya adalah pemandu wisata. Tour Guide adalah seseorang yang bertugas atau berprofesi memandu wisata selama perjalanan wisata. 

Tour Guide adalah seseirang yang menuntun dan memberikan informasi mengenai suatu tempat yang akan atau sedang dikunjungi oleh para wisatawan

Tour Guide mengacu pada jasa untuk memandu dan memberikan informasi kepada wisatawan dengan bayaran dari wisatawan agar mereka memiliki pengalaman terbaik dalam melakukan perjalanan wisata.

Baca juga: Kamu Ingin Jadi Tour Guide? Pahami Ini!

Tugas Tour Guide

1. Menyambut Wisatawan

Menyambut wisatawan merupakan tuga penting bagi seorang tour guide. Hal tersebut dilakukan agar wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri mendapatkan kesan baik selama berwisata.

2. Memberi Pembelajaran

Seorang tour guide harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai suatu tempat atau objek wisata di daerah tersebut. Hal tersebut karena pengetahuan dari tour guide merupakan hal terpenting yang dibutuhkan oleh wisatawan. Dengan pengetahuan yang baik dari tour guide, tentunya akan memudahkannya dalam melakukan pekerjaan menjadi tour guide. Tugas ini pula yang menjadi alasan mengapa tour guide biasanya dilakukan oleh warga lokal.

3. Mempersiapkan materi

Sebagai Tour Guide tentu perlu menyiapkan materi, agar apa yang disampaikan dapat mudah dipahami oleh wisatawan. Biasanya materi yang diasiapkan dapat berupa peta, brosur, maupun audio

4. Memandu dan Menjelaskan Informasi

Tour Guide bertugas untuk memandu dan menjelaskan informasi mengenai suatu tempat atau benda yang sedang dilihat oleh wisatawan.

Baca juga: 3 Tips Cara Meningkatkan Komunikasi Verbal

5. Menerjemahkan

Tour guide juga memiliki tugas untuk menerjemahkan ofnormasi ke dalam beberap abahasa sekaligus

6. Penjadwalan

Tak jarang tour guide juga diharuskan untuk membuat rencana liburan untuk wisatawan.

Baca juga: 4 Jenis Komunikasi Bisnis untuk Kamu Ketahui!

Demikian informasi yang telah kami rangkum, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu.


Editor: Lifiani -

     

Komentar
Pencarian