Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Simak Penyebab Terjadinya Pembullyan. Berikut Penjelasannya
Siker.id | 22 Feb 2024 14:33


Bagikan ke
Ilustrasi pembulian(siker.id/dok.freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siKer.id- Bullying merupakan salah satu tindakan tidak terpuji yang merugikan korbannya bahkan hingga mempengaruhi kesehatan psikisnya. Parahnya kasus bullying juga kerap ditemukan di sekolah. Salah satu contoh bullying yaitu menjauhi atau mengucilkan teman di sekolah. Dengan melakukan hal ini teman yang kamu jauhi akan merasa sedih, tertekan, dan membuatnya merasa tidak nyaman bahkan minder. Berikut Penyebab terjadinya pembulian

Baca juga : Tips Menghadapi Rasa Takut Mengerjakan Psikotes

1. Kekuatan dan Kontrol

Orang yang membuli sering kali mencari kekuasaan dan kontrol atas orang lain sebagai cara untuk meningkatkan rasa superioritas atau kekuatan dalam situasi tertentu.

2. Ketidakamanan dan Ketidakpercayaan Diri

Orang yang membuli mungkin merasa tidak aman atau memiliki ketidakpercayaan diri yang dalam. Mereka mungkin mencoba untuk merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri dengan menyingkirkan atau mengejek orang lain.

3. Model Perilaku

Seringkali, perilaku membuli bisa dipelajari dari lingkungan sekitar, seperti keluarga atau teman sebaya, di mana perilaku intimidasi diterima atau bahkan didorong.

4. Perbedaan dan Diskriminasi

Seringkali, pembulian terjadi karena perbedaan seperti perbedaan ras, gender, orientasi seksual, agama, atau kondisi fisik atau mental. Orang yang berbeda bisa menjadi sasaran intimidasi karena faktor-faktor ini.

5. Ketidakmampuan Mengelola Emosi

Orang yang membuli mungkin kesulitan dalam mengelola emosi mereka sendiri, sehingga mereka menggunakan perilaku agresif atau merendahkan orang lain sebagai cara untuk mengekspresikan emosi mereka.

Baca juga : Kemampuan yang Harus Dimiliki Seorang Arsitek

6. Kurangnya Pendidikan atau Kesadaran

Kurangnya pemahaman tentang dampak buruk dari perilaku membuli dan pentingnya menghormati orang lain juga bisa menjadi penyebab.

7. Kultur Sekolah atau Tempat Kerja yang Tidak Mendukung

Lingkungan di mana perilaku membuli tidak ditangani atau bahkan dibiarkan berkembang tanpa hambatan juga bisa memicu atau memperkuat perilaku intimidasi.

8. Ketidakpedulian atau Penyertaan Pasif

Orang-orang yang mengetahui pembulian terjadi tetapi tidak melakukan apa-apa untuk menghentikannya atau melindungi korban juga berkontribusi pada masalah ini.

Baca juga : Alasan Mengonsumsi Coklat Bisa Bantu Redakan Nyeri Haid


Editor: Safira -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian