Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa itu Eustress? Berikut Penjelasannya!
Siker.id | 06 Feb 2024 13:00


Bagikan ke
Ilustrasi eustress(siker.id/dok.freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siKer.id- Eustress adalah jenis stres yang dianggap positif atau bermanfaat bagi individu. Eustress terjadi ketika individu mengalami tingkat stres yang memotivasi, memberikan tantangan, dan mendorong mereka untuk tumbuh, belajar, dan berprestasi. Berikut adalah beberapa contoh stres positif yang bisa dirasakan oleh karyawan

Baca juga : 12 Tips Sukses untuk Lulusan Baru Berikut Penjelasannya!

1. Tantangan Proyek Baru

Mendapatkan proyek baru yang menantang secara intelektual atau kreatif. Ini bisa memotivasi karyawan untuk meningkatkan keterampilan mereka, mengeksplorasi ide-ide baru, dan merasa terlibat secara mendalam dalam pekerjaan mereka.

2. Kenaikan Jabatan atau Tanggung Jawab

Hal ini dapat memberi dorongan bagi karyawan untuk menunjukkan kemampuan kepemimpinan mereka, mengembangkan keterampilan manajerial, dan meraih prestasi baru.

3. Peluang Pengembangan Karir

Program pelatihan, pendidikan lanjutan, atau kesempatan untuk memperluas jaringan profesional merupakan contoh lain dari stres positif. Meskipun menghadapi tantangan dalam memperoleh keterampilan baru atau menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang berubah bisa menimbulkan stres, namun hal tersebut juga bisa menjadi kesempatan untuk pertumbuhan pribadi dan profesional.

4. Proyek Berskala Besar

Terlibat dalam proyek berskala besar yang penting bagi perusahaan atau tim kerja bisa menjadi sumber stres positif. Meskipun tuntutannya tinggi, proyek semacam itu dapat memberikan rasa pencapaian dan kepuasan yang besar ketika berhasil diselesaikan.

5. Kolaborasi Tim yang Efektif

Bekerja dalam lingkungan di mana kolaborasi tim yang kuat ditekankan dapat menjadi pengalaman stres positif.

Baca juga : Yuk Simak Dampak dari Stres Kerja

6. Deadline yang Menantang

Deadline yang realistis tetapi menantang dapat menjadi sumber stres positif bagi karyawan. Hal ini dapat memacu karyawan untuk meningkatkan produktivitas mereka, mengatur waktu dengan lebih efisien, dan menunjukkan kemampuan untuk menangani tekanan dengan baik.

7. Pengakuan dan Penghargaan

Menerima pengakuan dan penghargaan atas kinerja yang baik dapat memberikan stres positif bagi karyawan. Hal ini bisa memotivasi mereka untuk terus memberikan yang terbaik, merasa dihargai, dan meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Baca juga : 8 Faktor Penyebab Kepuasan Kerja. Berikut Penjelasannya!


Editor: Safira -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian