Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Rekomendasi 6 Kegiatan Bermanfaat saat Gap Year
Siker.id | 20 Jul 2023 11:30


Bagikan ke
Ilustrasi gap year (siker.id/dok. Canva)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - Gap year merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan periode waktu yang diambil oleh siswa sebelum melanjutkan pendidikan atau memulai karir. Gap year dapat menjadi kesempatan yang berharga untuk mengisi waktu dengan pengalaman yang bermanfaat, mengembangkan diri, dan mengeksplorasi minat dan tujuan hidup. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan saat gap year:

Baca juga: Lakukan 7 Cara Ini Untuk Mengatasi Post Graduation Blues

1. Traveling

Gap year adalah waktu yang ideal untuk melakukan perjalanan dan menjelajahi tempat-tempat yang kamu impikan. Dengan travelling, kamu dapat mengenal budaya baru, bertemu orang-orang dari latar belakang yang berbeda, dan mengembangkan pemahaman tentang dunia yang lebih luas. Traveling juga dapat membuka pikiran dan memberikan wawasan yang berharga tentang diri sendiri dan lingkungan sosial.

2. Magang atau Kerja Sukarela

Selama gap year, kamu dapat mempertimbangkan untuk mengambil bagian dalam magang atau kerja sukarela. Magang di perusahaan atau organisasi yang sesuai dengan minat dan bidang studi dapat memberikan wawasan tentang dunia profesional dan membantu kamu membangun koneksi di industri tertentu. Sementara itu, kerja sukarela memberikan kesempatan untuk berkontribusi pada masyarakat atau lingkungan, dan merasa lebih terhubung dengan tujuan sosial.

3. Belajar Bahasa Asing

Memperdalam kemampuan bahasa asing dapat membuka peluang baru dan memperluas jenjang karir. Gap year adalah waktu yang tepat untuk fokus pada belajar bahasa yang kamu minati. Kamu juga bisa mengambil kursus bahasa, berbicara dengan penutur asli, atau mengunjungi negara di mana bahasa tersebut merupakan bahasa resmi.

Baca juga: Ini dia 5 Ide Pekerjaan yang Cocok Sebagai Side Hustle

4. Meningkatkan Keterampilan

Gunakan masa-masa gap year untuk meningkatkan keterampilan yang relevan dengan minat dan tujuan karir. Kamu dapat mengikuti kursus tambahan, menghadiri seminar, atau belajar keterampilan baru seperti desain grafis, pemrograman, atau fotografi. Peningkatan keterampilan ini akan meningkatkan nilai dirimu di dunia kerja.

5. Memulai Proyek Kreatif

Jika kamu memiliki minat dalam seni, menulis, musik, atau bidang kreatif lainnya, gap year dapat menjadi waktu yang baik untuk memulai proyek kreatifmu sendiri. Kamu dapat menulis buku, menciptakan karya seni, atau merekam musik. Menjalankan proyek kreatif dapat memberikan rasa pencapaian dan kepuasan pribadi selama masa gap year.

6. Merenung dan Merefleksikan Diri

Gunakan masa gap year sebagai waktu untuk merenung dan merefleksikan diri. Pertimbangkan tujuan jangka panjang, nilai-nilai yang kamu miliki, dan apa yang ingin kamu capai dalam hidup. Refleksi diri akan membantu kamu mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang diri sendiri dan mengarahkan keputusan-keputusan di masa depan.

Itu dia 6 hal yang bisa dilakukan saat gap year. Saat mengambil gap year, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan waktu dengan sebaikmungkin. Gap year adalah kesempatan sekali seumur hidup, jadi manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan diri dan meraih potensi terbaik dari dirimu. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Suka Menulis? Ini 6 Pekerjaan yang Cocok Untukmu!


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian