Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Adalah Tugas Business Development dalam Perusahaan
Siker.id | 07 Jul 2023 15:25


Bagikan ke
ilustrasi Business development (siker / doc.freepik)

siker.id - Business Development (BD) adalah sebuah proses menciptakan nilai jangka panjang untuk perusahaan melalui pelanggan, pasar, dan relasi bisnis. BD adalah orang yang bertanggung jawab untuk mencari cara supaya interaksi dari ketiga saluran tersebut (pelanggan, pasar, dan relasi bisnis) bisa menciptakan peluang bagi perusahaan untuk terus tumbuh. BD bukanlah bagian dari tim marketing atau sales, melainkan sebuah divisi perusahaan yang berperan dalam bisnis, pemasaran, penjualan, hingga relasi.

Baca juga: 3 Skill Penting Menjadi Seorang Business Development Officer

Berikut adalah beberapa tugas dari Business Development dalam perusahaan:

1. Melakukan Riset Pasar
Seorang Business Development harus melakukan riset pasar untuk mengetahui tren dan kebutuhan pasar yang sedang berkembang. Riset pasar ini akan membantu perusahaan dalam mengembangkan strategi bisnis yang tepat dan memperoleh peluang bisnis yang baru.

2. Mencari Peluang Pelanggan Baru dan Menjaga Relasi Antarpelanggan atau Klien
Seorang Business Development harus mencari peluang pelanggan baru dan menjaga relasi antarpelanggan atau klien yang sudah ada. Hal ini akan membantu perusahaan dalam memperoleh pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

3. Bekerja Sama dengan Divisi Lain untuk Mengembangkan Bisnis
Seorang Business Development harus bekerja sama dengan divisi lain dalam perusahaan, seperti tim marketing, sales, dan produksi untuk mengembangkan bisnis. Kolaborasi ini akan membantu perusahaan dalam mengembangkan produk baru, meningkatkan penjualan, dan memperoleh peluang bisnis yang baru.

Baca juga: Minat Jadi Business Development Manager? Pelajari Ini!

4. Merancang Strategi Pengembangan Bisnis
Seorang Business Development harus merancang strategi pengembangan bisnis agar perusahaan bisa lebih maju. Strategi ini harus disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan kondisi perusahaan

5. Memahami Produk Perusahaan
Seorang Business Development harus memahami produk perusahaan, kompetitor, dan posisi bisnis di dalam pasar. Hal ini akan membantu perusahaan dalam mengembangkan produk baru dan meningkatkan penjualan.

6. Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan, Klien, Partner Bisnis, dan Investor
Seorang Business Development harus membangun hubungan yang baik antara pelanggan, klien, partner bisnis, dan investor. Hal ini akan membantu perusahaan dalam memperoleh peluang bisnis yang baru dan mempertahankan hubungan yang baik dengan pelanggan, klien, partner bisnis, dan investor.

Baca juga: Ini Dia Pekerjaan Seorang Business Development!

Tugas utama seorang Business Development adalah membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnis dan memperoleh peluang bisnis yang baru. Seorang Business Development harus melakukan riset pasar, mencari peluang pelanggan baru, bekerja sama dengan divisi lain dalam perusahaan, merancang strategi pengembangan bisnis, memahami produk perusahaan, dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, klien, partner bisnis, dan investor. Profesi Business Development menjanjikan berbagai peluang karir yang menarik dan beragam, terutama di industri manufaktur, otomotif, dan teknologi.

Penting bagi Business Development untuk terus mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka serta menjaga integritas dan etika profesi dalam menjalankan tugas mereka.

Demikian informasi yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

Komentar