Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Cara Tetap Produktif Saat Jadi Pengangguran
Siker.id | 26 Jun 2023 11:30


Bagikan ke
Ilustrasi Pengangguran (siker.id/dok. Canva)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - Saat menjadi pengangguran dan mengalami masa menganggur, waktu luang yang Anda miliki dapat bermanfaat dan dapat menjadi peluang untuk mengembangkan diri serta meningkatkan keterampilan jika digunakan dengan baik. Dengan memanfaatkan waktu semaksimal mungkin, Anda dapat menjadikan masa ini sebagai waktu yang produktif dan bermanfaat. Berikut ini adalah delapan tips untuk memanfaatkan waktu luang saat menjadi pengangguran:

Baca juga: 3 Sumber Stress yang Harus di Waspadai

1. Gabung dalam Komunitas

Bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda dapat memberikan banyak manfaat. Anda dapat berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama, berbagi pengetahuan, dan bahkan menjalin hubungan profesional yang berharga. Dengan bergabung kedalam komunitas, Anda dapat memanfaatkan waktu luang dengan baik.

2. Bangun dan Pelajari Skill Baru

Gunakan waktu luang untuk mempelajari keterampilan baru yang dapat meningkatkan nilai Anda di dunia kerja. Anda dapat mengambil kursus online, mengikuti pelatihan, atau bahkan membaca buku tentang topik yang ingin Anda kuasai. Skill baru akan meningkatkan peluang Anda di dunia kerja dan membantu memajukan karir Anda

3. Ikuti Kegiatan atau Aktivitas yang Bermakna

Carilah kegiatan, aktivitas atau proyek yang bermanfaat secara sosial atau sukarela. Bergabunglah dengan suatu organisasi, berkontribusi pada komunitas lokal, atau terlibat dalam kegiatan yang membantu orang lain. Selain memberikan dampak positif pada orang lain, hal tersebut juga memberikan Anda perasaan positif dan memperluas jaringan sosial Anda.

Baca juga: Ketahui 7 Penyebab Burnout Bisa Terjadi dalam Pekerjaan

4. Buat Rencana Karier

Manfaatkan waktu nganggur untuk merencanakan langkah-langkah karier Anda. Evaluasi tujuan jangka pendek dan jangka panjang Anda, identifikasi keterampilan yang perlu Anda tingkatkan, dan buat rencana tindakan yang terarah. Dengan memiliki rencana yang jelas, Anda dapat mengarahkan energi dan upaya Anda ke arah yang tepat.

5. Tingkatkan Jaringan

Gunakan waktu luang untuk memperluas jaringan profesional Anda. Hubungi dan terhubung dengan orang-orang di bidang yang Anda minati melalui platform profesional seperti LinkedIn. Ikuti webinar, konferensi, atau acara industri untuk bertemu dengan orang-orang baru dan belajar dari pengalaman mereka.

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda. Temukan cara yang paling cocok untuk Anda agar waktu nganggur menjadi produktif sesuai dengan minat dan tujuan pribadi Anda. Yang terpenting adalah menggunakan waktu tersebut dengan bijak dan fokus pada pengembangan diri serta pencapaian tujuan. Sekiana artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: 5 Soft Skill Penting yang Harus di Miliki dalam Dunia Kerja


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian