Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut ini 7 Tips Menyikapi Perasaan Malu
Siker.id | 12 Apr 2023 13:30


Bagikan ke
Ilustrasi Malu (siker.id/dok. Freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - Perasaan malu adalah perasaan yang timbul ketika seseorang merasa tidak nyaman atau tidak percaya diri dengan tindakan atau perilaku yang dilakukan. Rasa malu seringkali disertai dengan perasaan rendah diri, takut dihakimi atau diabaikan, dan tidak mampu untuk memenuhi standar yang diharapkan oleh orang lain atau diri sendiri. Rasa malu juga dapat disebabkan oleh pengalaman yang membuat seseorang merasa merugikan diri sendiri atau orang lain, atau oleh perasaan tidak mampu mengendalikan situasi atau tindakan yang dilakukan. Berikut adalah beberapa cara menghadapi rasa malu:

Baca juga: 6 Tips Mengerjakan Tree Test/BAUM yang Wajib di Ketahui

1. Terima perasaan malu sebagai bagian dari diri

Pertama-tama, terimalah bahwa rasa malu adalah perasaan yang normal dan dialami oleh banyak orang. Jangan menyalahkan diri sendiri atau menganggap perasaan tersebut sebagai kelemahan.

2. Kenali sumber rasa malu

Cobalah untuk mengenali apa yang memicu rasa malu. Apakah itu karena penampilan fisik, kegagalan dalam suatu tindakan, atau pengalaman yang kurang menyenangkan. Dengan mengenali sumber rasa malu, kamu dapat mencari cara untuk mengatasi atau mencegahnya di masa depan.

3. Jangan terlalu keras pada diri sendiri

Jangan menganggap dirimu sebagai orang yang buruk atau gagal hanya karena merasa malu. Alihkan perhatian pada hal-hal yang positif dalam diri dan ingatlah bahwa semua orang memiliki kelemahan dan kesalahan.

4. Temukan sumber kepercayaan diri

Cobalah untuk mengidentifikasi sumber kepercayaan dirimu. Apakah itu kemampuan dalam suatu bidang tertentu, dukungan dari orang yang dipercayai, atau pengalaman yang membangun kepercayaan diri. Fokus pada sumber kepercayaan diri tersebut agar dapat membantumu meredakan rasa malu.

Baca juga: Ketahui 7 Tips ini dalam Mengerjakan Tes DAP (Draw a Person)

5. Jangan lari dari rasa malu

Cobalah untuk menghadapi perasaan malu secara langsung. Jangan mencoba untuk menghindari atau menekan perasaan tersebut, karena hal ini dapat membuat rasa malu semakin buruk.

6. Berbicara dengan seseorang yang dipercayai

Berbicara dengan orang yang kamu percayai seperti teman atau keluarga dapat membantu meredakan rasa malu. Mereka dapat memberikan perspektif baru dan membantumu melihat sisi positif.

7. Jangan terlalu keras pada diri sendiri

Ingatlah bahwa rasa malu adalah sementara dan akan mereda seiring berjalannya waktu. Cobalah untuk melihatnya sebagai pengalaman belajar dan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang.

Menghadapi rasa malu bisa menjadi tantangan yang sulit dan terkadang bisa merugikan seseorang jika terlalu berlebihan, namun rasa malu juga bisa menjadi hal yang baik dalam beberapa situasi. Rasa malu dapat membantu seseorang untuk menghindari tindakan atau perilaku yang buruk atau tidak etis, serta dapat memotivasi seseorang untuk belajar dari kesalahan dan menjadi lebih baik di masa depan. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Lakukan 9 Cara Ini Untuk Mengendalikan Emosi


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian