Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengenal Profesi Aviation Security (AVSEC)
Siker.id | 29 Mar 2023 09:30


Bagikan ke
ilustrasi Avsec (siker / doc.freepik)

siker.id - Pada setiap fasilitas publik tentunya terdapat bagian keamanan. Salah satunya pada Bandar Udara atau Bandara. Petugas kemanan pada bandara biasanya disebut dengan Aviation Security (AVSEC). Mungkin beberapa dari kita tidak familiar dengan profesi terebut namun tanpa disarasi pernah bertemu dengan petugas AVSEC di bandara.

Baca juga: Ingin Berprofesi sebagai Aviation Security? Baca Ini!

DEFINISI AVSEC

AVSEC merupakan profesi atau pekerjaan yang dilakukan oleh petugas berlisensi untuk menjaga keamanan bandara dan bertanggung jawab menjamin keamanan pengguna jasa penerbangan dan area bandara.

Petugas AVSEC biasanya terdiri dari laki-laki atau perempuan yang memenuhi kualifikasi yang ditentukan. Pedoman rekrutmen Petugas AVSEC ditentukan berdasarkan standar ICAO (International Civil Aviation Organization). ICAO adalah organisasi internasional yang mengatur peraturan starandarisasi terkait penerbangan. Nah di Indonesia sendiri lisensi yang dibutuhkan untuk menjadi petugas AVSEC adalah SKTP (Surat Tanda Kecakapan Personel)

Baca juga: 3 Tanggung Jawab Seorang Aviation Consultant!

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB AVSEC

  • Pemeriksaan Dokumen dan Identitas Penumpang

Tugas dari AVSEC yang pertama adalah memeriksa dokumen-dokumen yang dibawa oleh penumpang, apakah dokumen tersebut palsu atau memiliki indikasi penyalahgunaan dokumen.

Untuk melakukan pemeriksaan ini, seorang AVSEC membutuhkan ketelitian karena akan berakibat pada keselamatan banyak orang.

  • Mengedukasi Penumpang

Menjadi petugas AVSEC dibutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Hal tersebut dikarenakan AVSEC bertugas untuk memberikan penjelasan kepada penumpang mengenai regulasi keamaan serta apa saja yang perlu penumpang cek.

  • Mengecek Barang Bawaan dan Kargo Penumpang

AVSEC bertugas untuk memastikan penumpang tidak membawa barang atau alat yang dilarang dalam penerbangan. Biasanya pemeriksaan dilakukan dengan beberapa alat yaitu walk through metal detector dan hand held metal detector dan X-ray.

Petugas AVSEC harus segera mengamankan barang-barang berbahaya yang mudah meledak, terbakar dan sebagainya.

SKILL DAN KOMPETENSI AVSEC

Petugas AVSEC sebagai petugas keamanan bandara diwajibkan untuk memiliki kompetensi-kompetensi sebagai berikut:

  • Teliti dan sigap menghadapi segala kondisi
  • Tegas dan disiplin tinggi
  • Komunikasi yang  baik
  • Ramah dan sopan terhadap penumpang
  • Mempunyai keahlian bela diri

Baca juga: Begini 3 Kualifikasi Penting Seorang Security Analyst!

Demikian informasi mengenai AVSEC yang telah kami rangkum. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian.

 


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

Komentar
Pencarian