Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Terapkan Kemampuan Berpikir Mandiri
Siker.id | 23 Feb 2023 10:50


Bagikan ke
Ilustrasi Mandiri (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Mandiri merupakan keterampilan yang dimiliki individu apabila dapat mengontrol kehidupan dan dapat berdiri sendiri tanpa orang lain untuk mencapai sebuah tujuan. Menjadi lebih mandiri akan memberikan kebebasan untuk melakukan apa yang diinginkan tanpa memperdulikan apa yang orang lain pikirkan dan membantu untuk menemukan beberapa solusi dari permasalahan. Individu yang mandiri akan lebih bahagia karena merasa lega dan bangga ketika kita dapat mengelola hidup kita dengan baik dibawah tangan kita sendiri. Untuk menjadi mandiri, lakukanlah beberapa langkah untuk berpikir mandiri dibawah ini:

Baca juga: Milenial Harus Punya Side Hutsle? Apa itu?

1. Menerima diri sendiri.

Individu tidak dapat membangun kepribadian yang mandiri apabila tidak dapat menjalani hidup dengan menerima diri sendiri. Sebagai langkah awal, terimalah diri sendiri, kepribadian, pendapat, pilihan, preferensi, atau kisah hidup yang dimiliki. Jangan mengatakan hal-hal yang melawan kehendak diri sendiri. Lupakan semua kesalahan yang pernah terjadi dan jadikanlah sebagai pelajaran untuk bisa lebih baik lagi. Berusaha untuk menjadi lebih baik merupakan hal paling penting dalam menerima dan mencintai diri sendiri.

2. Percaya pada diri sendiri.

Setetah bisa menerima diri sendiri, percayalah pada diri sendiri. Jika bukan kita yang percaya pada diri sendiri lalu siapa lagi?. Pahamilah semua individu berbeda dan unik. Dengan percaya kepada diri sendiri, kita akan lebih menghargai diri kita.

Baca juga: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis

3. Menghargai dan menerima lingkungan sekitar

Individu yang mandiri bukanlah individu yang berarti harus sombong dan tidak percaya kepada orang lain. Individu mandiri adalah mereka yang mampu melihat sekitar dan melihat baik buruknya. Dengan memperhatikan lingkungan sekitar, kita akan melihat berbagai sudu pandang dan menjadi individu yang dapat menghargai sesama.

4. Menjadi pahlawan bagi diri sendiri

Menjadi mandiri berarti mampu menjadi pahlawan untuk melindungi diri sendiri. Untuk melindungi diri sendiri, jadilah pribadi yang mandiri secara emosional dengan tidak menaruh harapan lebih kepada orang lain. Berikan harapan lebih pada dirimu sendiri karena dengan begitu kamu akan terhindar dikecewakan orang lain dan membuatmu merasa lebih baik.

Sekian artikel mengenai berpikir mandiri. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Produktif Malah Jadi Toxic? Kok Bisa?


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar
Pencarian