icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Peran Penting Editor Bagi Penulis
Siker.id | 04 Feb 2022 17:50


Bagikan ke
Peran penting editor bagi penulis. (siker)

siker.id - Tak ada satu macam pekerjaanpun yang tidak melibatkan kerja sama dengan orang lain, bahkan seorang penulis pun membutuhkan sosok editor untuk bekerja sama dengannya.

Meski tak begitu tampak menonjol di publik dibanding penulis, namun sebenarnya seorang editor justru memiliki banyak peranan penting terhadap karya tulis yang diterbitkan, lho

Yang mana peran penting editor bagi seorang penulis sama sekali gak bisa dianggap sepele. Berikut ulasannya!

Baca juga: Apa Peran Editor Dalam Dunia Jurnalistik?

Memberi masukan yang membuat seorang penulis berkembang

Mungkin kelihatan simple banget, tapi percayalah bahwa penulis dan editor memang harus membangun kerja sama yang baik. Sebab editor dapat melihat kekurangan dan juga potensi dari sebuah tulisan yang bahkan tak disadari oleh penulisnya sendiri. Tanpa adanya editor maka penulis pun jadi sulit untuk berkembang.

Tanpa editor tulisan yang terbit bisa berantakan

Percaya atau tidak, editor sangat berperan dalam mengatur dan memastikan bahwa tulisanmu yang terbit nyaman untuk dilihat para pembaca. Sehingga peran editor bagi penulis sama sekali gak bisa dianggap sepele, sebab pembacamu merasa nyaman dalam membaca tulisanmu juga ada jasa dari editor di dalamnya.

Baca juga: 4 Profesi yang Cocok bagi Seorang Penulis

Bersikap objektif memilih tulisan yang berkualitas

Tulisan-tulisan yang layak diterbitkan tentunya harus memenuhi standar, dan editor memastikan bahwa karya tulis yang ia terbitkan memang layak dengan standar tersebut. Dengan kata lain seorang penulis pun jadi belajar dan memahami standar yang baik untuk tulisannya, dan menjaga kualitas setiap karyanya.

Memastikan tulisan mematuhi ketentuan

Di tempat manapun karya tulismu diterbitkan, entah itu di website, penerbit, atau bahkan platform lain pastinya ada ketentuan dan aturan yang berlaku. Dan perihal ini, editorlah yang bertanggung jawab untuk memastikan suatu tulisan sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau tidak.

Peran ini sangat penting, lho! Karena kalau sampai suatu tulisan diterbitkan sembarangan dan menyinggung pihak tertentu, ras, agama, maka bisa menimbulkan masalah nantinya.

Sekian artikel tentang peran penting seorang editor bagi penulis. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Kendala yang Sering Dialami Penulis


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar