icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Kebiasaan Berbahaya Introvert di Dunia Kerja
Siker.id | 04 Feb 2022 15:20


Bagikan ke
Kebiasaan berbahaya introvert di dunia kerja. (siker)

siker.id - Menjadi orang introver memang mempunyai banyak keunggulan. Seperti perencana yang matang dan baik, pembawaan diri yang hangat, serta memiliki kreativitas yang tinggi.

Namun tanpa disadari, kepribadian introver bisa fatal jika terus-menerus dipertahankan tanpa pandang situasi dan kondisi. Terutama di dunia kerja, yang mana orang introver mau gak mau harus bisa bersikap lebih terbuka.

Nah, berikut ini adalah hal-hal yang lazim dilakukan oleh kaum introver tetapi sangat membahayakan jika diterapkan di dunia profesional.

Baca juga: 4 Tips Adaptasi Kerja Buat Introvert

Sering menyendiri dan malas bersosialisasi

Bukan rahasia lagi bila seorang introver lebih senang menyendiri untuk mengisi ulang tenaga dan pikirannya sambil melakukan apa yang dia sukai. Tetapi kalau sampai membuatmu merasa gak perlu yang namanya sosialisasi terlebih di dalam dunia kerja, justru itulah yang jadi masalah.

Kamu harus mengerti bahwa kemampuanmu dalam berbaur dengan lingkungan kerja menjadi penilaian yang akan menentukan masa depan kariermu.

Tidak mau berusaha untuk speak up

Kebanyakan kaum introver akan lebih memilih untuk diam ketika ia dimintai ide, gagasan, atau pendapat ketika sedang ada meeting dengan alasan berusaha menghindari konflik dan silang pendapat yang membuat energinya terkuras habis.

Tetapi kenyataannya, sikap diam seperti itu justru akan sangat berbahaya karena kamu akan terbiasa ikut-ikutan pendapat orang lain meskipun bertentangan dengan hati nurani serta rentan dimanfaatkan rekan kerja yang bisa saja memiliki niat jahat padamu.

Baca juga: Anda Introvert? Berikut Ini Pekerjaan Yang Cocok!

Terlalu lama dalam merencanakan sesuatu

Seorang introver terkenal akan kematangan dalam berpikir dan merencanakan sesuatu, namun di situlah letak kelemahannya. Yang mana, biasanya ia terlalu lama dalam membuat rencana sehingga ini sangat gak baik untuk diterapkan dalam dunia kerja yang segala-galanya serba cepat.

Sebab kalau kamu terus mempertahankan kebiasaan seperti itu dan gak mau membiasakan diri merencanakan sesuatu secara spontan, maka siapapun yang bekerja denganmu bakalan sebal dan malas. Bahkan kamu bisa saja gak akan diikut sertakan dalam proyek penting perusahaan.

Sekian artikel tentang kebiasaan berbahaya introvert didunia kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Keunggulan Fresh Graduate di Dunia Kerja


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar