Hindari Kesalahan ini Saat Melamar Kerja
Siker.id | 04 Feb 2022 15:00


Bagikan ke
Hindari kesalahan saat melamar kerja. (siker)

siker.id - Dalam mencari kerja saat ini tentu saja Anda ingin mendapatkan pekerjaan yang terbaik. Namun, seringkali, tanpa disadari, Anda bisa saja sering melakukan kesalahan yang dapat menghambat keberhasilan Anda mendapatkan pekerjaan impian. Apa saja sih kesalahan dalam pencarian kerja yang patut dihindari? Berikut ulasannya!

Baca juga: Hal yang Perlu di Perhatikan Sebelum Melamar Kerja

Mencari pekerjaan di tempat sama dengan yang lainnya

Memang tidak ada yang salah dengan mencari pekerjaan di tempat yang ramai dikunjungi seperti portal pencarian kerja online. Namun, ada banyak sumber lain untuk mencari kerja. Misalnya, dari referensi dan koneksi profesional Anda, dengan tingkat persaingan lebih rendah. Dengan demikian, peluang Anda pun lebih besar.

Sakit hati karena ditolak kerja

Penolakan dalam dunia kerja adalah suatu hal yang biasa terjadi dalam dunia profesional. Yang menjadi persoalan adalah kemampuan Anda menyikapinya. Jangan sakit hati dan berpikiran negatif terhadap perusahaan yang menolak Anda. Jika Anda menyikapi penolakan tersebut dengan sangat personal, maka Anda sendirilah yang akan rugi di kemudian hari.

Kurang riset dan promosi diri

Dua hal penting dalam pencarian kerja adalah melakukan riset tentang posisi yang dilamar, serta promosi diri Anda agar menarik bagi perusahaan. Tanpa keduanya, sulit bagi perusahaan untuk menemukan Anda. Buatlah akun LinkedIn maupun blog yang berisi konten-konten informatif karya Anda. Dengan demikian, perusahaan dapat melihat nilai tambah Anda dibandingkan para kandidat lain.

Baca juga: 4 Pola Pikir yang Harus Dimiliki Sebelum Melamar Kerja

Hanya mengincar gaji

Terkadang, pindah kerja dan mendapatkan gaji yang lebih besar merupakan motivasi Anda untuk mencari kerja baru walaupun pekerjaan tersebut belum diinginkan saat ini. Hal ini bisa menjadi kesalahan dalam karir Anda yang berikutnya. Belum tentu apa yang Anda bayangkan sebagai pekerjaan ideal, tak sejalan dengan realitas yang ada. Maka, pikirkan matang-matang jika Anda ingin mencari pekerjaan baru jika semata-mata menginginkan gaji lebih besar.

Typo atau kesalahan penulisan dalam resume

Kesalahan yang satu ini termasuk kesalahan yang tergolong sederhana. Namun, bisa fatal akibatnya apabila Anda kerap melakukannya dalam proses penulisan resume.

Untuk menghindarinya Anda mungkin dapat memeriksa tulisan di CV berulang kali sebelum mengirim lamaran ke perusahaan idaman. Bila perlu, mintalah bantuan teman-teman untuk membaca ulang isi resume yang telah Anda buat.

Sekian artikel tentang hindari kesalahan saat melamar kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Melamar di Posisi Tinggi


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar