icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 4 Jenis Struktur Organisasi Perusahaan
Siker.id | 04 Feb 2022 13:00


Bagikan ke
Jenis struktur organisasi perusahaan. (siker)

siker.id - Dalam membangun sebuah bisnis, sangat penting untuk memahami struktur organisasi. Dengan memahaminya, kamu dapat menyusun struktur organisasi perusahaan dan tugasnya dengan ideal, jelas, dan sesuai dengan tanggung jawab dari masing-masing bagian. Jadi, kinerja perusahaan semakin efektif karena masing-masing struktur memiliki tugas yang jelas serta terarah demi mencapai target perusahaan.

Secara garis besar, struktur organisasi perusahaan merupakan suatu hierarki atau tingkatan yang berisi pembagian tugas dan peran perorangan berdasarkan jabatannya di perusahaan. Umumnya, struktur perusahaan disusun dalam bentuk bagan atau garis hierarki yang berisi deskripsi dari tiap komponen perusahaan.

Dengan dibentuknya struktur organisasi perusahaan, setiap Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkup perusahaan memiliki tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Tujuan utamanya adalah agar perusahaan lebih mudah dalam pembagian tanggung jawab kepada setiap individu dalam menjalankan sebuah perusahaan atau bisnis.

Berikut beberapa jenis struktur organisasi perusahaan:

Baca juga: Bagaimana Bila Perusahaan yang Dituju tidak Sesuai Jurusan?

Struktur organisasi fungsional

Struktur organisasi fungsional adalah jenis struktur organisasi yang umum digunakan perusahaan dengan mengelompokkan karyawan berdasarkan keahliannya. Jadi, dalam setiap bagian diisi orang-orang yang memiliki keterampilan serta tugas yang sama. Mereka akan dibagi ke dalam beberapa unit pekerjaan.

Dengan struktur organisasi ini, ditambah strategi bisnis serta penerapan yang tepat, maka dapat membantu menekan anggaran operasional usaha.

Struktur organisasi proyek

Struktur organisasi proyek adalah sebuah struktur yang berguna untuk membantu proses pencapaian suatu tujuan dalam proyek. Susunan ini bekerja dengan cara mengatur dan mengorganisasi semua sumber daya yang ada, material atau bahan-bahan, tenaga kerja dan peralatan, serta modal.

Baca juga: Pentingnya Mencari Tahu Biodata Perusahaan

Struktur organisasi matriks

Struktur organisasi matriks adalah sebuah struktur organisasi yang merupakan penggabungan antara struktur organisasi fungsional dengan struktur organisasi divisional dengan tujuan untuk saling melengkapi dan menutupi kekurangan-kekurangan yang terdapat pada kedua struktur organisasi tersebut.

Penerapan jenis struktur organisasi ini menyebabkan terjadinya sistem komando dimana seorang karyawan diharuskan memberikan laporan kepada dua orang pimpinan yaitu pimpinan pada unit kerja divisional dan fungsional.

Struktur organisasi garis/lini

Jenis struktur ini menjadi yang paling tua dan sederhana dalam organisasi. Struktur organisasi garis atau struktur organisasi lini adalah bentuk hierarki yang saling terhubung langsung menggunakan garis wewenang atau komando secara vertikal.

Sekian artikel tentang jenis struktur organisasi. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tugas Seorang Manajer dalam Perusahaan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar