Berikut Panduan Mengirim Lamaran via Email yang Baik
Siker.id | 04 Feb 2022 12:10


Bagikan ke
Panduan lengkap mengirim lamaran via email yang baik. (siker)

siker.id - Melamar kerja jaman sekarang sebenarnya sudah sangat mudah. Tak perlu lagi repot mengirim surat lamaran ke kantor atau berkeliling job fair. Hanya satu kali klik di portal lowongan kerja atau website resmi perusahaan, kamu sudah langsung bisa melamar posisi yang diinginkan.

Tapi, ada kalanya kamu harus tahu cara melamar kerja lewat email juga. Ini terutama bisa terjadi untuk perusahaan-perusahaan kecil yang belum memiliki website sendiri. Jadi, untuk melamar kerja kamu harus mengirimkan surat lamaran elektronik beserta berkas-berkas lainnya melalui email.

Berikut ini panduan cara mengirim lamaran yang baik via email yang perlu kamu ketahui!

Baca juga: 4 Kesalahan saat Interview yang Membuat Lamaran Ditolak

Gunakan bahasa yang formal

Gunakan bahasa Indonesia baku, formal dan profesional. Teliti kembali tata bahasa dan ejaan, kalau perlu gunakan spellchecker atau minta orang lain untuk memeriksa email-mu. Meskipun kedengarannya sepele, tapi gaya penulisan seseorang bisa mencerminkan karakter penulisnya dan ini bisa jadi pertimbangan rekruter juga.

Siapkan dokumen yang dibutuhkan

Email saja tidak cukup, kamu juga harus mempersiapkan berkas-berkas lainnya. Selain CV, beberapa perusahaan mungkin mengharuskanmu untuk melampirkan KTP, ijazah, transkrip nilai, sertifikat, dll. Pastikan semua dokumen sudah siap dalam bentuk elektronik dan sudah tersimpan dalam format Word atau PDF.

Tulis subject dengan jelas dan tepat

Tidak kalah penting dalam cara melamar kerja lewat email adalah subject email itu sendiri. HRD atau perusahaan rekruter menerima banyak sekali email setiap harinya, jadi cantumkan subject email yang jelas agar lamaran kerjamu dapat ditemukan dengan mudah.

Baca juga: Bagaimana Caranya Memilih Lamaran secara Efektif?

Jangan lupa tambahkan pembukaan, isi, dan penutup email

Kamu bisa ikuti struktur penulisan lamaran yang umum dengan pembuka-isi-penutup. Awali dengan salam dan perkenalan diri serta alasanmu mengirimkan lamaran kerja, tak lupa tutup dengan ucapan terima kasih, dan cantumkan kontak yang dapat dihubungi. Teliti kembali bagian isi email dan pastikan sudah memuat semua informasi penting.

Pastikan email sudah benar

Langkah pertama dalam cara melamar kerja lewat email adalah baca dan periksa lagi email-mu sebelum mengirimkannya. Pastikan kamu sudah memasukkan alamat email rekruter yang benar dan kamu juga sudah menggunakan alamat email yang profesional.

Sekian artikel tentang tips mengirim lamaran via email yang benar. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Membuat Surat Lamaran Dalam Bahasa Inggris


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar