icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Pengertian, Tugas dan Tips Menjadi Surveyor
Siker.id | 04 Feb 2022 11:30


Bagikan ke
Pengertian, tugas dan tips menjadi surveyor. (siker)

siker.id - Surveyor adalah seseorang yang bertugas menetapkan batas tanah, wilayah, udara, dan perairan secara resmi. Karier surveyor sangat bervariasi seperti surveyor kuantitas, agen real estate, penilaian dan investasi, manajemen proyek, manajemen properti dan fasilitas, surveyor dan pemetaan tanah perencanaan dan pengembangan serta pertambangan.

Pekerjaan seorang surveyor secara umum berada di luar ruangan di berbagai jenis medan. Namun, mereka juga bekerja di dalam ruangan untuk menyiapkan dokumen terkait dengan hukum dan laporan lainnya.

Baca juga: 4 Profesi yang Dibutuhkan Dunia Kerja tapi Sepi Peminat

Tugas Surveyor

Beberapa tugas surveyor yang perlu kamu tahu adalah:

• Mengukur jarak, arah, dan sudut antara titik di atas dan di bawah permukaan bumi.

• Memilih titik referensi untuk menentukan lokasi yang tepat dari fitur penting di area survei menggunakan peralatan khusus.

• Menetapkan batas darat dan air secara resmi.

• Meneliti catatan tanah dan sumber informasi lain yang mempengaruhi properti.

• Mencari bukti batas-batas sebelumnya untuk menentukan di mana garis batas berada.

• Bepergian ke lokasi untuk mengukur jarak dan arah antar titik.

• Mencatat hasil survei dan memverifikasi keakuratan data.

• Menyiapkan plot, peta, dan laporan.

• Bekerja dengan kartografer (pembuat peta), arsitek manajer konstruksi, dll.

Baca juga: 4 Profesi Buat Pecinta Fotografi

Tips Menjadi Surveyor

Menempuh pendidikan dan sertifikasi yang dibutuhkan

Pekerjaan sebagai seorang surveyor umumnya membutuhkan keterampilan dasar yang dapat diraih lewat pendidikan sehingga kamu membutuhkan gelar dari universitas. Sementara untuk hal teknis lainnya bisa kamu dapatkan dengan cara lain seperti kursus atau sertifikasi untuk mempertajam keahlian kamu sebagai seorang surveyor.

Menambah skill tambahan untuk menjadi seorang surveyor

Selain menempuh pendidikan dan mendapatkan gelar, menambah keterampilan adalah hal yang sangat disarankan untuk kamu lakukan agar kamu bisa menjadi semakin baik dalam karier kamu.

Memahami tugas dan karier seorang surveyor

Tips berikutnya untuk menjadi surveyor yang baik adalah kamu harus memahami tugas dan karier dari surveyor pilihan kamu. Contohnya tugas dan tanggung jawab dari pekerjaan yang akan kamu lakukan nanti. Kamu juga harus mengetahui tempat bekerja kamu nanti, umumnya seorang surveyor memang bekerja di lapangan, tapi ada juga lho pekerjaan surveyor yang bekerja di kantor.

Mencari pengalaman sebagai seorang surveyor

Jika kamu seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, kamu bisa mencari kesempatan magang di perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan seorang surveyor. Siapa tahu, selesai program magang kamu malah menjadi incaran dari perusahaan tersebut dan direkrut menjadi pegawai di sana.

Sekian artikel tentang pengertian, tugas dan tips menajdi surveyor. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Profesi ini Cocok Buat yang Suka Main Komputer


Editor: Theo Adi -

     

Komentar