Definisi, Format dan Kategori Test IELTS
Siker.id | 04 Feb 2022 11:00


Bagikan ke
Definisi, format dan kategori test IELTS. (siker)

siker.id - Berencana untuk studi di luar negeri? Biasanya kamu memerlukan dokumen yang membuktikan kemampuanmu dalam berbahasa. Nah, salah satu tes populer yang banyak digunakan adalah IELTS.

Baca juga: Bagaimana Meningkatkan Bahasa Inggris dengan Baik?

Pengertian IELTS

International English Language Testing System atau IELTS adalah sebuah tes yang dirancang untuk membantu kamu dalam bekerja, studi, atau migrasi ke suatu negara yang berbahasa Inggris. Kemampuan kamu dalam mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara akan diuji dalam tes IELTS. Hasil dari tes kamu akan diberikan skala nilai 1 hingga 9.

Dengan kata lain, IELTS adalah tes standar bahasa Inggris yang diakui secara internasional. Tidak hanya untuk ke luar negeri saja, IELTS juga biasanya dibutuhkan saat kamu bekerja di lingkungan yang berbahasa Inggris. IELTS adalah bagian dari aset dalam karirmu, sebagai bukti kemampuanmu dalam bahasa Inggris.

Format Test IELTS

Berikut ini format yang biasanya ada dalam test IELTS:

Listening section

Format awal IELTS adalah listening yang aman akan memakan waktu tiga puluh menit. Kamu akan mendengarkan empat rekaman dan menjawab pertanyaan terkait percakapan yang kamu dengarkan. Suara yang ada dalam rekaman menggunakan native speaker Inggris.

Reading section

Format berikutnya dari IELTS adalah reading yang mengharuskan kamu menjawab 40 pertanyaan dan dirancang untuk menguji kemampuan kamu dalam kemampuan membaca.

Dalam section ini, kemampuan untuk mencari gagasan utama, ide pokok, argumen logis, dan membaca cepat akan diuji. Durasi untuk bagian ini adalah enam puluh menit.

Baca juga: Kebutuhan Anak Pada Pengajaran Bahasa Inggris

Speaking section

Mengetes kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris juga menjadi bagian dalam IELTS. Tujuan speaking dalam IELTS adalah untuk menilai kemampuan bahasa Inggris kamu secara lisan. Tes ini memiliki tiga bagian.

Bagian pertama akan memakan waktu dua sampai tiga menit untuk pertanyaan personal. Selanjutnya, kamu akan mendapatkan pertanyaan mengenai topik random, dengan durasi empat sampai lima menit. Terakhir adalah pertanyaan umum, berdurasi empat sampai tujuh menit.

Writing section

Tes writing dalam IELTS adalah kamu harus menyelesaikan dua tugas yang mencakup topik minat umum berdasarkan modul yang telah diambil sebelumnya. Essay yang pertama minimal 150 kata dengan durasi 20 menit. Sedangkan tes kedua untuk essay 250 kata yang berdurasi 40 menit.

Kategori Test IELTS

Secara umum ada 2 kategori dari test IELTS ini, yaitu:

IELTS Academic

Tes akademik IELTS adalah tes yang diambil oleh siswa yang ingin mendapatkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris untuk melanjutkan studi di luar negeri. Umumnya, digunakan apabila kamu ingin studi di perguruan tinggi sebagai mahasiswa sarjana atau pascasarjana.

IELTS General Training

IELTS General Training ditujukan untuk para profesional yang ingin bekerja dalam lingkungan berbahasa Inggris. Tes ini cocok untuk kamu yang kurang menyukai tes akademis.

Sekian artikel tentang pengertian, format dan kategori test IELTS. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Kiat Khusus Dalam Memilih Jurusan Bahasa Inggris


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar