icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Agar Tak Tertipu Iklan saat Mencari Loker?
Siker.id | 03 Feb 2022 19:20


Bagikan ke
Tips agar tida tertipu iklan saat mencari loker. (siker)

siker.id - Zaman sekarang ini, penipuan tidak hanya dilakukan untuk orang-orang berduit saja tetapi sudah merambah ke segala macam lapisan masyarakat. Penipuan memang tidak memandang bulu, makanya tetap harus waspada.

Apalagi sekarang orang-orang yang diburu adalah mereka-mereka yang terlihat sangat membutuhkan. Kelihatannya ingin memberikan bantuan tapi ternyata semua adalah tipuan. Bagaimana membentengi diri dari penipuan demikian?

Baca juga: Jangan Tertipu Ini Ciri Lowongan Kerja Palsu

Cek Dua Kali

Cek dua kali informasi yang Anda dapatkan tersebut. Jangan sampai ternyata itu informasi palsu. Sebaiknya buka link-nya dengan benar, coba periksa website informasi lowongan tersebut, apakah sudah sering memberikan informasi lowongan kepada publik atau tidak. Apakah website tersebut cukup populer di mata job seeker, bisa menjadi pernilaian keabsahannya.

Komplain

Ada tidak orang yang komplain mengenai website tersebut. Jika ada, mengenai apa dan apakah cukup banyak orang yang memberikan pengaduan. Anda juga harus menilai pengaduannya tentang apa. Apakah penipuan dan lain sebagainya. Intinya Anda harus benar-benar memeriksa link tersebut jangan sampai Anda menjadi korban kesekian untuk masalah yang sama.

Transfer Uang

Jangan tergoda ataupun tertipu dengan iklan lowongan pekerjaan yang meminta Anda untuk mentransfer sejumlah uang untuk “administrasi”. Anda kerja untuk mencari uang lantas kenapa juga Anda harus memberikan sejumlah uang dengan alasan administrasi sekalipun demi mendapatkan pekerjaan? Dimana letak logikanya? Seharusnya Anda sudah bisa membaca kondisi demikian bila ini terjadi kepada Anda.

Baca juga: Berikut Strategi Jitu Mencari Lowongan Kerja

Tidak Jelas

Perusahaan tempat Anda akan melamar tidak memiliki rekam jejak yang jelas. Bila perusahaan tersebut memang sungguh-sungguh ada, pasti Anda bisa melacak keberadaannya melalui dunia internet. Di zaman serba digital sekarang ini, kalau Anda melakukan sesuatu pasti gampang terlacak dengan mencarinya di Google sekecil apapun itu.

Penyampaian Informasi

Anda juga bisa mengetahui apakah perusahaan tersebut memang memiliki kapabilitas yang baik dari cara penyampaian ataupun kalimat yang dibuatnya di iklan lowongan tersebut. Keprofesionalan sebuah perusahaan bisa dilihat dari iklan lowongan pekerjaannya.

Sekian artikel tentang tips agar tidak tertipu iklan saat cari loker. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Manfaat Bergabung di Komunitas Lowongan Kerja


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar