icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Etika Dalam Diskusi Serius di Tempat Kerja
Siker.id | 03 Feb 2022 17:15


Bagikan ke
Etika dalam diskusi serius di tempat kerja. (siker)

siker.id - Salah satu hal yang harus kita miliki ketika memasuki dunia kerja ialah penyesuaian diri pada berbagai hal dan keadaan. Karena setiap harinya pasti berbeda, ada saatnya tempat kerja menjadi begitu menyenangkan dan banyak bercanda dengan atasan dan rekan di sana.

Tapi ada juga saatnya di mana tempat kerja menjadi begitu serius, penuh tekanan dan beban, dan di saat seperti itu kita pun juga harus bisa cepat menyesuaikan diri. Sama halnya jika kamu saat ini terlibat dalam diskusi serius di tempat kerja, ada etikanya tersendiri. Jadi jangan bertingkah sembarangan karena akan dianggap tidak sopan. Beberapa etika di antaranya pun ada dalam pembahasan berikut ini. Simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: 3 Cara Pertahankan Citra Positif di Tempat Kerja

Tidak membuat kebisingan yang menganggu

Kemudian etikanya yang kedua kalau kamu sedang terlibat diskusi serius di tempat kerja ialah, duduk tenang dan tak membuat kebisingan yang mengganggu. Misalnya saja seperti bermain alat tulis di meja, mengetuk jari di permukaan meja, atau bahkan ketukan kaki di lantai secara berulang. Selain mengganggu konsentrasi, tindakan seperti itu sangatlah tidak sopan.

Hargai orang dengan tidak asal pergi saja

Sebenarnya hal ini termasuk etika yang opsional. Kamu boleh pergi di tengah diskusi jika ada hal genting, memiliki urusan penting dengan atasan yang harus pergi menemuinya saat itu juga, atau sedang sakit dan tidak sanggup untuk terus berada di sana. Namun jika kamu tidak dalam situasi yang teramat penting, akan lebih baik jika mengikuti diskusi sampai selesai.

Baca juga: Berikut Tips Mencegah Cinlok di Tempat Kerja

Tidak mengalihkan topik jika diskusi belum selesai

Lalu etikanya yang terakhir ialah jangan pernah mengalihkan topik pembicaraan sembarangan ketika sedang diskusi serius di tempat kerja. Cukup dengarkan atau simak diskusinya jika kamu tidak begitu mengerti, jangan malah mengalihkannya ke topik lain. Soalnya bisa bikin emosi orang lain dan kamu pun menjadi orang yang dianggap mengganggu di sana.

Tidak memberi tanggapan dengan candaan

Kalau kamu sedang terlibat diskusi serius di tempat kerja entah bersama atasan atau sesama rekan kerja, maka etikanya yang pertama ialah tidak memberi tanggapan berupa candaan. Mengertilah bahwa suasana diskusi sedang serius, yang mana biasanya pasti membahas tentang hal penting. Akan sangat tidak menghargai kalau kamu malah bercanda di tengah situasi seperti itu.

Sekian artikel tentang etika dalam diskusi serius di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tanda Tempat Kerjamu Toxic


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar