4 Kesalahan saat Interview yang Membuat Lamaran Ditolak
Siker.id | 03 Feb 2022 16:15


Bagikan ke
Kesalahan saat interview yang membuat lamaran kerja ditolak. (siker)

siker.id - Bertahan di dalam dunia kerja itu berat, tapi sebenarnya untuk memasukinya saja juga tidak kalah beratnya. Yang mana kamu harus bisa bersaing dengan banyak orang lain yang melamar kerja di tempat yang sama. Suatu keberuntungan jika kamu berhasil mendapatkan pekerjaan, karena ada yang gagal dan lamaran kerjanya ditolak.

Tapi kalau bicara tentang lamaran kerja yang ditolak, sebenarnya ada banyak hal yang bisa menyebabkannya. Bisa saja itu dari segi kualifikasi persyaratan kerja yang dinilai kurang, atau justru akibat dari kesalahan yang dilakukan saat menjalani interview, apalagi kalau selalu mengalami penolakan. Lalu kesalahan seperti apakah yang membuat lamaran kerjamu selalu ditolak? Berikut ulasannya!

Baca juga: Berikut 5 Pantangan Saat Interview Kerja

First impression yang buruk

Menciptakan first impression yang buruk saat interview juga sebuah kesalahan yang membuat lamaran kerjamu selalu ditolak. Hal ini bisa disebabkan oleh pemilihan pakaian yang salah, cara bicara, pembawaan diri, dan hal lainnya yang membuat kesanmu di mata mereka jadi kurang baik. Karena first impression itu penting bukan hanya saat bertemu gebetan saja, justru saat interview kerja lebih penting.

Tidak bisa menjelaskan skill dan kemampuan diri sendiri

Segala informasi tentangmu yang diperlukan sesuai persyaratan sudah tertera dalam CVmu, tapi ada kalanya orang yang menginterview justru ingin tahu sampai sejauh mana kamu mengenal dirimu sendiri terlebih tentang skill yang kamu miliki. Jadi kalau kamu sendiri tak bisa menjelaskannya maka sama saja membuat dirimu sendiri gagal di depan mereka.

Baca juga: Berikut 5 Alasan Tidak Pernah Dipanggil Interview Kerja

Terlambat dan tidak minta maaf

Manner itu nomor satu di manapun kamu berada, terlebih lagi di tempat kerja dan ketika menjalani interview. Kamu mungkin punya alasan kuat kenapa bisa terlambat datang dari waktu interview yang ditentukan, tapi kalau kamu merasa keterlambatanmu itu benar dan tak meminta maaf sama sekali, maka wajar saja kalau lamaranmu berakhir selalu ditolak. Kenapa? Karena selain gak sopan, kamu juga tidak menghargai waktu orang lain yang telah menunggumu.

Jawab pertanyaan dengan bertele-tele

Yang mungkin harusnya bisa dijawab dengan singkat, tapi malah kamu jelaskan dengan panjang dan membuatnya menjadi tidak jelas. Meski improvisasi dalam bicara itu penting, tapi kamu juga harus bisa memilih saat yang tepat dalam menggunakannya.

Sekian artikel tentang kesalahan saat interview yang menyebabkan lamaran ditolak. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ciri-ciri Undangan Interview Palsu


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar