Berikut 4 Cara Menguatkan Hubungan dengan Rekan Kerja
Siker.id | 03 Feb 2022 14:35


Bagikan ke
Cara menguatkan hubungan dengan rekan kerja. (siker)

siker.id - Banyak dari kita saat ini menghabiskan sebagian besar waktu di tempat kerja. Hal inilah yang membuat teman kerja sudah selayaknya menjadi keluarga kedua bagi kita. Pernah terbayang bagaimana jika hubungan kita dengan mereka tidak bisa harmonis? Sudah pasti suasana kerja menjadi tidak menyenangkan dan akan membuat kita tidak nyaman dalam bekerja.

Nah, hal-hal berikut ini bisa kamu lakukan untuk menguatkan hubungan dengan rekan kerja kamu. Coba terapkan, dengan rekan kerja kamu saat ini.

Baca juga: Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Banyak Bicara

Jangan segan memberi bantuan

Hal satu ini bisa kamu coba juga untuk menguatkan hubunganmu dengan rekan kerja. Tak ada salahnya kita membantu rekan lain yang sedang kesulitan. Tapi jangan sampai membuat mereka bergantung terus pada kita, ya.

Tindakan baik ini bisa memunculkan rasa percaya di antara kalian, lho. Toh semua ini juga untuk pencapaian tujuan bersama.

Hindari bergosip

Meskipun membicarakan orang lain itu terlihat menyenangkan, namun hal ini justru membuatmu terkesan tidak bisa dipercaya. Sering bergosip malah berpotensi membuat hubungan antar rekan kerja jadi semakin kendur, lho. Kebiasaan satu ini sebaiknya mulai kamu hindari, ya. Coba ubah arah pembicaraan yang bisa membuat kinerja kalian meningkat saja.

Baca juga: Rekan Kerja Tidak Profesional? Ini Cara Menyikapinya!

Tetap perhatikan sikapmu sebagai profesional

Meskipun terkesan akrab, tetap perhatikan sikapmu juga, ya. Teruslah bersikap sopan dan hormat kepada rekan kerja. Pastikan tindakan kita juga tidak mengganggu mereka. Perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan.

Selain itu, gunakan kata 'tolong' saat ingin meminta bantuan, 'terima kasih' saat menerima bantuan, dan 'maaf' saat membuat masalah. Kata sederhana tersebut menunjukkan jika kamu menghormati mereka.

Berkumpul di luar jam kantor

Melakukan interaksi di luar jam kantor juga bisa menguatkan hubungan kalian, lho. Misalnya makan bersama atau liburan. Sesekali kalian bisa merasakan suasana di luar tempat kerja serta tidak melulu membicarakan masalah pekerjaan. Nah, hal ini bisa membuat kalian lebih paham satu sama lain melalui obrolan-obrolan yang lebih santai.

Sekian artikel tentang tips menguatkan hubungan dengan rekan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Tips Menghadapi Rekan Kerja Penjilat


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar