Berikut 4 Cara Mengatasi Culture Shock
Siker.id | 03 Feb 2022 18:00


Bagikan ke
Cara mengatasi culture shock. (siker)

siker.id - Culture shock adalah keadaan yang terjadi ketika seseorang terputus dari lingkungan dan budaya yang telah dikenalnya dari lama sejak lahir saat berpindah atau bepergian ke lingkungan baru. Culture shock adalah sebuah hal yang lumrah terjadi terutama saat seseorang sedang berada di lingkungan baru atau tempat yang jauh dari tempatnya berasal. Namun, culture shock dapat menyebabkan kebingungan, kecemasan, atau ketidakpastian yang menjadi sebuah gangguan kesehatan.

Meskipun dapat menjadi tantangan, culture shock sebenarnya dapat diatasi dengan melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan baru tersebut. Gegar budaya juga dapat menjadi hal positif untuk pertumbuhan pribadi dan menjadi pengalaman menyenangkan yang berbeda dalam hidup.

Oleh karena itu bagi kamu yang saat ini sedang terkena culture shock, berikut cara mengatasinya!

Baca juga: 3 Cara Pertahankan Citra Positif di Tempat Kerja

Membangun relasi dan menyesuaikan diri

Jangan menutup diri, cobalah untuk bersikap aktif dan bersosialisasi dengan penduduk setempat. Kamu bisa mencoba memulai dengan mempelajari bahasa yang digunakan warga setempat untuk mempermudah komunikasi untuk membangun relasi. Jika kamu berhasil menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, hal ini akan mempermudah kamu membangun relasi dengan orang-orang baru di lingkungan tersebut.

Eksplorasi lingkungan baru

Mencoba mengeksplorasi lingkungan tempat tinggalmu yang baru dapat membantu kamu mengatasi culture shock. Dengan mencari tahu tempat baru, kamu dapat menemukan hal-hal baru yang mungkin kamu sukai atau kamu butuhkan untuk menggantikan tempat di lingkunganmu yang terdahulu.

Kamu juga dapat menuliskan pengalaman kamu dalam sebuah jurnal, seperti cafe nyaman untuk bekerja, pasar terdekat dari rumah, tuliskan juga aspek positif dari budaya baru yang kamu dapat.

Baca juga: Berikut Tips Mencegah Cinlok di Tempat Kerja

Bertukar pikiran dengan orang baru

Kamu pasti merasakan rindu dengan lingkungan lamamu. Cobalah bicarakan tentang latar belakang budaya kamu dengan orang lain dari daerah baru dan bicarakan hal-hal menarik tentang keduanya.

Pola pikir terbuka untuk hal baru

Cara terbaik untuk dapat membiasakan diri dengan lingkungan baru adalah dengan mencoba membuka pola pikirmu terhadap budaya baru, adat istiadat, dan tingkah laku di lingkungan baru tersebut. Cobalah untuk bersikap terbuka dan pelajari tentang negara atau budaya baru untuk memahami alasan dari perbedaan budaya tersebut. Sehingga kamu dapat dengan lebih mudah melakukan interaksi dan komunikasi dengan lancar, nyaman, dan efektif.

Sekian artikel tentang cara mengatasi culture shock. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tanda Tempat Kerjamu Toxic


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar