4 Tujuan Utama Komunikasi Pemasaran
Siker.id | 03 Feb 2022 15:30


Bagikan ke
Tujuan utama komunikasi pemasaran. (siker)

siker.id - Komunikasi pemasaran adalah bagian fundamental sekaligus kompleks dari upaya pemasaran perusahaan. Secara umum, komunikasi pemasaran dapat digambarkan sebagai semua pesan dan media yang digunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi dengan target pasar.

Komunikasi pemasaran dapat didefinisikan sebagai metodologi dan taktik yang diadopsi oleh perusahaan untuk menyampaikan pesan dengan cara yang unik dan kreatif kepada pelanggan atau calon konsumen mengenai produk dan layanan mereka.

Berikut ini beberapa tujuan adanya komunikasi pemasaran!

Baca juga: Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing

Mendengarkan tanggapan

Kamu dapat meminta feedback atau umpan balik dari pelanggan melalui alat komunikasi pemasaran seperti survei, kuesioner, dan grup diskusi. Meminta masukan pelanggan membuat konsumen merasa dilibatkan dalam bisnismu karena kamu menunjukkan bahwa pendapat mereka penting untuk kemajuan perusahaan. Masukan yang diterima juga dapat membantumu meningkatkan layanan, membedakan lini produk, dan melayani kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.

Memperkuat merek perusahaan

Setiap jenis komunikasi pemasaran yang kamu produksi dan distribusikan memiliki tujuan untuk memperkuat merek perusahaan. Branding membantu agar bisnis dan layanan yang kamu tawarkan mendapat top of mind awareness atau menjadi merek yang pertama kali muncul dalam benak konsumen secara spontan.

Selain itu, komunikasi pemasaran juga dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan. Hal ini bisa tercapai ketika citra merek dan pesan disampaikan secara konsisten melalui semua materi pemasaran, iklan, dan promosi perusahaan.

Baca juga: Berikut Pengertian dan Tugas Seorang Digital Marketing

Meningkatkan penjualan

Tujuan akhir dari komunikasi pemasaran adalah untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan perusahaan. Ketika kamu tetap berhubungan dengan pelanggan dan memperlakukan mereka sebagai aset berharga, kamu telah membangun pondasi untuk hubungan jangka panjang yang menguntungkan. Hal ini berpotensi mendatangkan penjualan berulang, peningkatan bisnis, dan referensi pembelian dari konsumen yang merasa puas akan produk atau layanan perusahaan.

Membangun jejaring

Komunikasi pemasaran dapat membantu menghubungkan bisnismu dengan konsumen atau pelanggan potensial. Baik itu berkomunikasi melalui buletin mingguan maupun melalui forum media sosial tempat kamu bertukar ide, sarana komunikasi ini membuat hubunganmu tetap terjalin dengan para pelanggan. Selain membantu membangun bisnis kamu, komunikasi pemasaran juga dapat menumbuhkan kepercayaan kepada pelanggan, dan mendorong pelanggan membeli secara berulang.

Sekian artikel tentang tujuan komunikasi pemasaran. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Tugas Dari Marketing Communication


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar