Berikut Definisi, Tugas dan Syarat Menjadi Helper
Siker.id | 03 Feb 2022 10:00


Bagikan ke
Definisi, tugas dan syarat menjadi seorang helper. (siker)

siker.id - Di dalam beberapa ranah pekerjaan terdapat posisi yang dinamakan helper yang memiliki tugas tertentu terkait profesi ahli teknis. Menurut kamus Merriam-Webster, helper diartikan sebagai pekerja yang relatif tidak memiliki keahlian spesifik namun bertugas membantu para pekerja terampil atau ahli dengan pekerjaan manual.

Dalam sebuah industri, umumnya helper berada di ranah gudang dan bertugas untuk membantu sirkulasi barang di lingkungan gudang. Oleh karena itu, umumnya dikenal istilah warehouse helper.

warehouse helper atau helper gudang merupakan pekerja yang bertanggung jawab menerima barang masuk dan menyiapkan barang keluar untuk proses pengiriman atau pemasaran.

Baca juga: 4 Profesi yang Dibutuhkan Dunia Kerja tapi Sepi Peminat

Tugas Helper

Seorang helper di ranah industri manufaktur atau produksi barang umumnya memiliki tugas dan tanggung jawab seputar gudang dan penyimpanan barang. Tugas dan tanggung jawab helper adalah:

Kontrol inventaris gudang

Tugas dan tanggung jawab helper juga meliputi kontrol inventaris gudang dan memastikan bahwa inventaris-inventaris gudang ini memenuhi standar kualitas. Keberadaan helper juga dapat mendukung pemenuhan kualitas tinggi terhadap inventaris gudang pada saat dilakukan audit.

Membuat laporan pemindahan atau mutasi barang

Helper umumnya bertindak untuk pengecekan barang rusak kepada supervisor dan juga bertanggung jawab terhadap laporan aktivitas mutasi barang dari dan menuju gudang. Pencatatan jumlah bahan diterima dan dikirim ini dapat memudahkan proses operasional dan pencatatan umum pada bagian produksi serta pemasaran.

Kontrol inventaris gudang

Tugas dan tanggung jawab helper juga meliputi kontrol inventaris gudang dan memastikan bahwa inventaris-inventaris gudang ini memenuhi standar kualitas. Keberadaan helper juga dapat mendukung pemenuhan kualitas tinggi terhadap inventaris gudang pada saat dilakukan audit.

Baca juga: TIPS MEMULAI PROFESI BARISTA

Mengelola sirkulasi barang di gudang

Helper secara umum bertugas untuk mengelola barang produksi sesuai pesanan dari bagian pemasaran. Helper memiliki andil dalam mempersiapkan dan menyelesaikan pesanan untuk pengiriman atau pengambilan barang sesuai jadwal yang telah ditentukan. Keberadaan helper dapat meningkatkan dan mempercepat proses sirkulasi barang di gudang secara teratur.

Syarat menjadi seorang helper

Adapun beberapa syarat yang diperlukan untuk menjadi seorang helper umumnya tercantum pada lowongan pekerjaan sebagai helper sebagai berikut.

• Sehat jasmani dan rohani

• Usia tidak lebih dari 40 tahun saat melamar

• Memiliki fisik kuat

• Memiliki SIM B1 dan lancar mengemudi truk untuk keperluan mutasi di gudang

• Umumnya diutamakan laki-laki

• Tempat tinggal tidak jauh dari perusahaan

• Bersedia bekerja lembur

• Memiliki kecakapan dalam bidang pelaporan

• Minimal lulusan SMA/sederajat

Sekian artikel tentang pengertian, tugas dan syarat menjadi seorang helper. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Profesi Buat Pecinta Fotografi


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar