Berikut Tips Melamar di Posisi Tinggi
Siker.id | 02 Feb 2022 16:45


Bagikan ke
Tips melamar kerja posisi tinggi. (siker)

siker.id - Ada beberapa tips interview kerja yang baik untuk kamu lakukan agar meningkatkan pengalaman melamar kerja kamu supaya lebih efektif dan profesional. Pertama, sebelum mencari lowongan kerja kamu harus tahu posisi yang akan kamu lamar. Sesuaikan hal ini dengan pengalaman kerja, keterampilan serta ketertarikan kamu terhadap posisi tersebut. Setelah itu, persiapkan CV/Resume, Cover letter serta portofolio kamu sesuai dengan kebutuhan dari pekerjaan yang akan kamu lamar tersebut. Kirim berkas lamaran kamu ke beberapa lowongan pekerjaan yang tersedia di situs lowongan kerja online. Sambil menunggu panggilan interview, persiapkan diri kamu dengan berlatih interview. Kamu bisa lihat beragam contoh pertanyaan interview kerja. Persiapkan juga jika sekiranya ada tes lain yang perlu kamu lakukan nanti.

Saat panggilan interview, berikan semua usaha kamu secara maksimal dan buat pencari kerja terkesan dengan kamu supaya kamu mudah diingat saat proses seleksi selanjutnya. Setelah selesai interview, kamu bisa mengirimkan ucapan terima kasih via email kepada mereka yang telah mewawancarai kamu untuk meninggalkan kesan baik. Hal kecil ini mungkin bisa meningkatkan kesempatan kamu diterima untuk pekerjaan tersebut, lho.

Berikut ini beberapa tips melamar kerja dengan posisi tinggi:

Baca juga: 4 Pola Pikir yang Harus Dimiliki Sebelum Melamar Kerja

Pengalaman yang cukup

Jika Anda memiliki pengalaman yang cukup dan sesuai dengan posisi yang dicari tidka ada salahnya Anda untuk mencoba melamar posisi tersebut. Walaupun misalnya dikatakan mereka mencari orang dengan pengalaman 5 tahun ke atas untuk posisi tersebut. Biasanya perusahaan memang memiliki ekspektasi tinggi. Salah satunya adalah untuk menyaring pelamar. Sehingga yang benar-benar melamar posisi tersebut adalah orang-orang yang serius dan pilihan.

Memiliki sertifikasi

Ternyata Anda memiliki keahlian yang dicari oleh perusahaan tersebut. Tidak hanya otodidak saja tetapi Anda memiliki sertifikat yang menyatakan Anda memang ahli di bidang tersebut. Tentu saja tidak ada alasan buat Anda untuk berlama-lama menunda melamar di posisi tersebut. Apalagi jika ternyata sertifikat yang Anda miliki bertaraf internasional. Biasanya satu hal yang menunda Anda untuk tidak menjatuhkan lamaran adalah rasa tidak percaya diri dan ketakutan akan saingan. Ini yang harus Anda enyahkan kalau mau maju dan berkembang dalam karier.

Baca juga: Perhatikan 4 Hal ini Sebelum Melamar Kerja

Dapat dipercaya

Anda sungguh beruntung bila memang Anda dipercayakan memangku jabatan yang cukup tinggi. Padahal kalau Anda melihat usia Anda masih terhitung junior, pun masih ada menurut Anda yang lebih cocok memegang posisi tersebut. Ditambah lagi Anda merasa pengalaman belum cukup banyak. Jika demikian, bisa jadi alasan Anda direkrut untuk posisi tersebut karena Anda tergolong orang yang cepat belajar dan memiliki kemampuan intelegensia tinggi. Tidak ada perusahaan yang mau merugi dengan merekrut orang yang tidak punya kemampuan untuk mengkoordinir sebuah tugas dan tanggung-jawab yang besar.

Sekian artikel tentang tips melamar di posisi tinggi. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Menggunakan Media Sosial Untuk Melamar Kerja


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar