4 Profesi yang Dibutuhkan Dunia Kerja tapi Sepi Peminat
Siker.id | 02 Feb 2022 21:00


Bagikan ke
Profesi yang dibutuhkan dunia kerja tetapii sepi peminat. (siker)

siker.id - Seiring dengan perkembangan industri, ada sejumlah profesi yang kini banyak dibutuhkan oleh dunia kerja namun masih sedikit pelamar. Bukan karena profesi ini tidak menjanjikan, melainkan lulusan di bidang terkait belum tersedia banyak. Padahal, sejumlah profesi tersebut menjadi yang paling bersinar setidaknya lima tahun ke depan menurut prediksi The Future of Jobs Report 2020 oleh The World Economic Forum (WEF). Untuk itu, bagi kamu siswa SMA sederajat yang akan menginjak bangku kuliah, ada kesempatan untuk memilih jurusan dengan prospek kerja menjanjikan, tentunya disesuaikan dengan minat dan bakat.

Baca juga: TIPS MEMULAI PROFESI BARISTA

Cyber security

Cyber security bertugas untuk melindungi jaringan, program, dan sistem komputer dari berbagai ancaman serangan. Tidak bisa dipungkiri bahwa selalu ada saja celah yang bisa dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk dapat mengakses suatu jaringan ataupun sistem komputer. Oleh karena itu, cyber security akan berperan bukan hanya sebatas membangun sistem pertahanan, tetapi juga melakukan pengecekan celah-celah yang bisa menjadi pintu masuk bagi pihak luar.

Aktuaris

Berdasarkan data Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI), hingga pertengahan 2019 baru ada sekitar 652 orang aktuaris saja di Indonesia. Aktuaris merupakan jenis profesi yang memiliki tugas untuk menyelesaikan persoalan-persoalan pada sebuah bisnis, yang berhubungan dengan perhitungan risiko yang akan dihadapi perusahaan, misalnya dampak bencana untuk ekonomi dan kemajuan perusahaan ke depannya. Seorang ahli aktuaris dibutuhkan oleh banyak perusahaan mengingat suatu perusahaan tidak akan pernah terlepas dari risiko yang nantinya akan menghambat kemajuannya. Dalam hal ini, kemampuan aktuaris dalam memperhitungkan risiko yang akan dihadapi, sangatlah dibutuhkan agar risiko tersebut bisa diantisipasi sebelumnya.

Baca juga: 4 Profesi Buat Pecinta Fotografi

Ahli mekatronik

Seiring dengan perkembangan teknologi dan globalisasi, ahli mekatronik banyak dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan industri. Secara keilmuan, Mekatronika yang merupakan gabungan dari beberapa cabang ilmu teknik, seperti halnya teknik mesin, teknik elektro, dan perangkat lunak (software), sangatlah diperlukan untuk menghasilkan suatu jenis produk atau mesin pintar yang otomatis, dengan kinerja yang optimal. Meskipun ilmu Mekatronika masih asing terdengar dan terkesan seperti baru, pada dasarnya jurusan ini sudah sangat populer di luar negeri lho.

Analyst Data

Hampir di seluruh lini bisnis membutuhkan tenaga kerja praktisi data guna pengolahan data perusahaan. Tak main-main, di Indonesia kebutuhan akan praktisi data mencapai angka 9 juta orang. Bahkan, Presiden Jokowi menyebut data sebagai kekayaan baru, yang lebih berharga dibanding harga minyak. Oleh sebab itu, banyak orang yang kini berlomba-lomba untuk menempati posisi tersebut. Pada era digital seperti saat ini, jenis profesi analyst data banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan swasta maupun perbankan, dalam membuat keputusan yang tepat berdasarkan data.

Sekian artikel tentang profesi yang dibutuhkan dunia kerja tapi minim peminat. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Profesi ini Cocok Buat yang Suka Main Komputer


Editor: Theo Adi -

0     0    

TAG :

Komentar