Berikut 3 Hal yang Harus Dikuasai agar Ahli Dalam 1 Bidang
Siker.id | 02 Feb 2022 15:00


Bagikan ke
Hal yang harus dikuasai agar ahli dalam satu bidang. (siker)

siker.id - Seiring berkembangnya teknologi dan perubahan zaman, kemampuan dan pengetahuan manusia juga harus terus ditingkatkan. Bukan hanya penting untuk mencari pekerjaan atau menentukan jurusan kuliah, namun kemampuan ini juga memiliki peranan besar pada keseharian kita. Saat ini, sistem pendidikan kita cenderung lebih menekankan kepada ilmu pengetahuan (knowledge) dari pada keterampilan (skill), sehingga kita terbiasa menghafal daripada mengerti konsep.

Padahal, keterampilan fundamental (logika, matematika dasar, membaca, dan penalaran ilmiah) sangat penting untuk dikuasai setiap orang sebelum menguasai skill lainnya. Berikut ini 3 hal yang harus dikuasai agar menjadi ahli di satu bidang!

Baca juga: Beberapa Rumus Excel untuk Pekerjaan

Insightful Knowledge

Terlepas dari latar belakang setiap orang yang berbeda-beda, kemampuan ini sangat penting untuk dimiliki supaya kita bisa melihat dunia sebenar-benarnya. Dengan kemampuan ini, kita tidak akan terjebak dalam mitos-mitos atau kepercayaan kuno dan mampu melihat dunia apa adanya, secara luas dengan berbagai sudut pandang. Yang termasuk dalam kemampuan ini adalah pengetahuan sains secara umum, filsafat, sejarah. Misalnya asal mula manusia, bagaimana terbentuknya bumi, hal-hal semacam itu dapat memperluas pengetahuan kita tentang dunia.

Practical Skills

Practical skills adalah kemampuan individu dalam menguasai bidang spesifik agar berguna dan bisa berkontribusi, misalnya kemampuan dalam bidang komunikasi, akuntansi, dokter, dan lain-lain. Untuk memiliki kemampuan ini, kita harus terlebih dahulu mengetahui minat dan keahlian kita. Dengan kemampuan ini kita bisa mendapatkan pekerjaan ataupun berbisnis sesuai dengan ketertarikan kita masing-masing. Perlu diingat, menguasai practical skills juga harus diiringi dengan fundamental skills dan insightful knowledge. Jika tidak, hasilnya akan kurang maksimal.

Baca juga: Berikut Pekerjaan dengan Fleksibilitas Tinggi

Fundamental Skills

Fundamental skills alias kemampuan dasar adalah kemampuan yang sifatnya teknikal. Kemampuan ini sangat menentukan bagaimana cara seseorang berpikir dan mengelola informasi. Ada tiga hal penting yang termasuk dalam kategori ini, yaitu:

a. Berpikir kritis (critical thinking): merupakan kemampuan untuk mencerna informasi dengan benar. Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan agar kita tidak hanya semata-mata berpikir menurut hal yang kita anggap benar, melainkan harus sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

b. Matematika dasar (basic math): lebih dari sekadar kemampuan berhitung, tetapi juga tentang kemampuan berpikir yang terintegrasi dengan konsisten alias connecting the dots. Dengan kemampuan matematika ini, kita bisa menyambungkan setiap informasi yang kita terima dengan baik.

c. Logika verbal (verbal logic): dengan menguasai bahasa selain Bahasa Ibu, terutama Bahasa Inggris, dapat membuat struktur otak kita mampu berpikir lebih kompleks. Bahkan, hal ini terbukti dengan adanya riset yang mengatakan bahwa orang dengan kemampuan bilingual cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi.

Sekian artikel tentang hal yang harus dikuasai untuk menjadi ahli dalam satu bidang. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tanda Anda Mencintai Pekerjaan


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar