Berikut Pengaruh Metaverse Dalam Dunia Kerja
Siker.id | 31 Jan 2022 16:50


Bagikan ke
Pengaruh metaverse dalam dunia kerja. (siker)

siker.id - Perkembangan teknologi dan informasi yang pesat saat ini merubah segala cara hidup kita sehari-hari. Perubahan ini dapat berupa gaya hidup, pola berinteraksi maupun dalam bekerja. Segala bentuk sosialisasi yang dilakukan dalam dunia nyata akan segera bergeser di dunia "metaverse". Metaverse merupakan dunia yang lebih maju dari saat ini. Dunia yang menawarkan bentuk sosialisasi baru yang tak terbatas.

Munculnya dunia maya yang seakan realistis ini memengaruhi pola bekerja bagi orang-orang yang cenderung berinteraksi secara virtual. Saat ini, internet sangat memengaruhi pola kerja. Salah satunya penyampaian informasi penting dalam waktu singkat serta tanda tangan digital yang setara dengan cap basah. Berikut ini pengaruh metaverse dalam dunia kerja!

Baca juga: TIPS GENERASI Y BERTAHAN DI DUNIA KERJA

Jenis pekerjaan

Dunia metaverse tidak membutuhkan pekerjaan kasar ataupun tenaga besar. Dunia ini hanyalah gambaran ilusi 3 dimensi yang disajikan dalam bentuk data komputer dengan algoritma tertentu.

Hal ini tentu memengaruhi jenis pekerjaan di dunia nyata. Ke depan dunia kerja akan diisi oleh orang-orang dengan pola pikir kreatif dan imajinatif seperti artis, seniman, maupun programmer.

Jenjang jabatan

Dunia kerja tak lepas dari jenjang jabatan di lingkungan kerja. Adanya batasan antara atasan dan bawahan serta senioritas sangat menonjol di dunia nyata. Bahkan saling sikut dan menjilat sangat umum dilakukan untuk mencapai posisi penting.

Dalam dunia metaverse, senioritas bukanlah prestasi. Anda bisa saja lebih tua dan berpengalaman. Namun ide kreatif mengalahkan segalanya. Tak ada jabatan yang penting didalam dunia metaverse karena semua dapat menjadi pemimpin dan dirinya sendirilah yang akan ia lalui. Bisa dikatakan dunia kerja metaverse membunuh para penjilat dan persaingan akan lebih sehat.

Baca juga: 3 Perbedaan Milenial dan Generasi Z di Dunia Kerja

Pola kerja

Selama ini pola kerja yang dilakukan tetap monoton dengan absensi yang dilakukan secara teratur. Contoh pegawai kantoran yang masuk pukul 7.30 dan pulang 4.00 sore hari.

Hal ini akan berubah dengan dunia metaverse yang tidak terpaut pada waktu. Pola kerja yang ada hanya berasaskan hasil atau output yang dihasilkan. Tak peduli berapa lama kita bekerja atau pukul berapa kita mulai bekerja. Hasil adalah hal yang diinginkan di metaverse.

Sekian artikel tentang pengaruh metaverse dalam dunia kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Skill yang Pasti Dipakai Dalam Dunia Kerja


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar