icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Manfaat Media Sosial dalam Dunia Kerja
Siker.id | 31 Jan 2022 15:35


Bagikan ke
Manfaat media sosial dalam dunia kerja. (siker)

siker.id - Di zaman digital seperti sekarang ini, hampir seluruh lapisan masyarakat tidak bisa lepas dari yang namanya sosial media. Di zaman teknologi yang sudah serba canggih ini memang sulit membuat masyarakat bisa melepas sosial media. Kegunaan social media buat masyarakat serta kebutuhannya hampir di seluruh keseharian mereka, baik untuk berkomunikasi, mencari hiburan di waktu luang, untuk transportasi, bertransaksi, hingga membeli barang keperluan juga tidak luput dari yang namanya sosial media.

Tidak bisa dipungkiri peran sosial media memang sebesar itu untuk masyarakat kita dan untuk hampir semua kalangan, baik untuk pelajar hingga untuk para pegawai di lingkungan kerja. Ya media social buat kerja ternyata tidak bisa terpisahkan saat ini. Dan berikut ini merupakan 5 manfaat sosial media dalam dunia kerja.

Baca juga: Berikut Tips Menggunakan Media Sosial Untuk Melamar Kerja

Mengenal Calon Pegawai yang Ingin Direkrut

Selain memudahkan para pencari kerja, sosial media juga turut memudahkan perusahaan dalam menemukan kandidat pegawai potensial yang ingin mereka rekrut. Melihat sosial media para pelamar membantu para HRD untuk bisa mengenal dan memahami individu tersebut. Selain itu, para pelamar juga seringkali memasukkan portofolio kerja mereka ke dalam sosila media mereka, baik itu instagram maupun linkedin, hal ini sangat membantu para recruiter untuk melihat hard skill serta soft skill yang dimiliki para pelamar.

Menambah Relasi Bisnis

Sosial media juga mampu mendekatkan hal-hal yang dirasa jauh. Para pegiat bisnis tentu ingin mengembangkan relasi mereka agar bisnis lebih berkembang dan banyak dikenal orang. Menggunakan sosial media menjadi pilihan yang tepat untuk menemukan relasi-relasi untuk mengembangkan bisnis mereka atau hanya untuk sekedar bertukar ide dan pikiran. Sosial media mampu menjangkau ke seluruh daerah hingga ke belahan dunia sekalipun. Sehingga bukan hanya relasi dalam negeri saja yang dijangkau, melainkan bisa sampai ke luar negeri.

Baca juga: Bagaimana Memanfaatkan Media Sosial Untuk Menunjang Karir?

Melihat Minat Pasar

Sosial media juga bisa dipakai untuk melakukan research mengenai minat pasar saat ini. Hampir semua orang di belahan dunia kini menggunakan sosial media. Hampir seluruh informasi di seluruh dunia juga dimuat di dalam sosial media. Hal itu memudahkan para perusahaan baik di bidang teknologi, fashion, hingga kuliner untuk bisa melihat minat pasar saat ini. Sehingga hal itu bisa dijadikan pertimbangan untuk meningkatkan produk agar tetap digemari oleh para konsumen mereka.

Sekian artikel tentang manfaat media social dalam dunia kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Membangun Personal Branding di Media Sosial


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar