icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Hal yang Perlu Diingat Sebelum Memakai Toga
Siker.id | 31 Jan 2022 16:30


Bagikan ke
Hal yang perlu diingat sebelum memakai toga. (siker)

siker.id - Mengenakan toga atau kebaya saat wisuda memang bakal membuatmu sangat antusias untuk memasuki dunia kerja. Namun, antusiasme ini kadang juga bercampur dengan rasa khawatir dan juga takut untuk memasuki dunia yang baru.

Semua perasaan bercampur aduk hingga kamu tak tahu apa yang harus kamu lakukan. Bahkan, mimpi dan keinginanmu sejak lama pun sampai terlupakan. Meskipun kamu takut sekaligus sangat antusias, kamu harus tetap ingat beberapa hal di bawah ini. Dengan begitu, kamu tak akan kehilangan arah dan tetap berjuang demi menggapai impian.

Baca juga: Mengapa Lulusan Institut Teknologi PLN Dapat Kerja?

1. Mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar memang impian semua orang. Tapi ingat apa yang Jack Ma bilang. Usia muda, sekitar 20an tahun, lebih bekerja di sebuah perusahaan kecil atau startup yang akan memberikanmu banyak pengalaman dan pelajaran. Meskipun, gajimu tak sebesar teman yang lain.

2. Ketika kamu merasa sangat gugup dan deg-degan, jangan anggap hal ini sesuatu yang buruk. Ketika kamu memiliki rasa yang menentu, artinya kamu terus memikirkan tentang hal ini. Tentang dunia yang belum pernah kamu injak selama ini. Berpikir keras artinya kamu belajar. Belajar, artinya kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik.

3. Dunia kampus tentu saja tak akan pernah sama dengan dengan dunia kerja. Satu sisi, kamu sangat ingin merasakan dunia baru. Bertemu teman baru dan belajar banyak hal yang tak pernah kamu dapat di kampus. Tapi, satu sisi kamu takut dengan perubahan. Tak mengapa, bukan hanya kamu yang takut dengan perubahan. Tapi yakinlah, tak selamanya perubahan akan membawa petaka. Sampai kapan pun di mana pun, kamu akan selalu disapa perubahan yang justru menjadi peluang buatmu untuk tumbuh.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil Terbaru

4. Kamu tidak harus memiliki pekerjaan yang bidangnya sama dengan jurusanmu waktu kuliah. Kenapa? Karena siapa yang tahu kalau ternyata passion-mu berbeda dengan bidang yang kamu pelajari selama ini. Jadi, jangan berkecil hati dan merasa malu kalau kamu ternyata menemukan sesuatu yang kamu suka di tengah perjalanan.

5. Jangan takut kalau kamu terus mengubah goal dan impian hidup. Soalnya, kamu akan bertemu dengan banyak orang yang punya pengetahuan lebih luas. Kamu juga bakal mendapat banyak pengalaman baru. Jadi, jangan pernah menolak sesuatu yang baru buatmu.

Sekian artikel tentang hal yang perlu diingat sebelum memakai toga. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini 5 Jurusan Favorit Bagi Siswa Lulusan IPS


Editor: Theo Adi -

     

Komentar